Paris (ANTARA News) - Juara bertahan Bayern Munchen memulai kampanye mempertahankan gelarnya di kandang sendiri melawan CSKA Moscow esok Selasa, sedangkan David Moyes memimpin Manchester United ke Liga Champions untuk pertama kalinya.

AFP Sports menyajikan penilaian awal untuk delapan pertandingan Liga Champions esok malam atau Rabu dini hari lusa pada laga pembukaan Liga Champions musim 2013-14.
 
GRUP A
MANCHESTER UNITED versus BAYER LEVERKUSEN
Tekanan akan lebih tertuju pada David Moyes dalam debutnya memimpin Manchester United di Liga Champions.  Satu-satunya pengalamannya pada kancah ini terjadi pada 2005 saat Everton kalah agregat 4-2 dari Villarreal dalam babak kualifikasi ketiga.
Dia mendapat kesempatan lagi bersama United dengan harus memenangi laga ujian di Grup A melawan Bayern Leverkusen.
Leverkusen lolos ke kompetisi musim ini setelah menempati urutan ketiga Bundesliga, dan kini ditangani pelatih yang akrab baik di mata Moyes maupun penggemar United, yaitu mantan bek Liverpool Sami Hyypia.
Leverkusen memulai musim ini dengan bagus, sementara para penggemar United tak akan melupakan kekalahan dari tim ini pada semifinal Liga Champions 2002.

REAL SOCIEDAD versus SHAKHTAR DONETSK
Tampil untuk pertama kalinya pada Liga Champions dalam satu dekade ini, Real Sociedad memulai kampanyenya di Grup A di kandang sendiri menghadapi juara empat kali Liga Ukraina, Shakhtar.
Shakhtar mencapai babak knockout pada dua dari tiga musim terakhir, namun kehilangan tiga pemain utamanya yaitu bek Razvan Rat, gelandang Brazil Fernandinho dan Henrikh Mkhitaryan.
Setelah hanya sekali kalah sepanjang musim lalu, tim asuhan Mircea Lucescu hanya mampu mengemas satu poin dari tiga laga terakhirnya, dan kalah 2-3 dari Karpaty Lviv Jumat pekan lalu.
Sedangkan Real Sociedad  yang ditangani pelatih baru kurang berpengalaman, Jagoba Arrasate, akan bertandang ke Levante di La Liga Sabtu pekan ini.

GRUP B
FC COPENHAGEN versus JUVENTUS
Juara Liga Denmark FC Copenhagen kembali ke fase grup untuk pertama kalinya sejak keberhasilannya lolos ke 16 Besar musim 2010-11 dengan memulai pertandingan melawan juara Serie A, Juventus.
Klub asuhan Stale Solbakken ini hanya menang satu kali dari tujuh laga pembukanya di kompetisi domestik sebelum menjamu Esbjerg Sabtu ini, namun setidaknya tim ini masih memiliki pemain-pemain seperti Olof Mellberg dan Daniel Braaten yang berpengalaman di Liga Champions.  Mellberg pernah bermain untuk Juve pada musim Champions 2008-09.
Juve yang dilatih Antonio Conte yang akan bertandang ke kandang Inter Sabtu ini dalam pertandingan ke-100 dia selama menukangi Juventus, memulai musim ini dengan bagus dan siap mempersembahkan penampilan mengesankan selama musim ini setelah kalah telak dari Bayern Munchen pada perempatfinal Liga Champions musim lalu.

GALATASARAY versus REAL MADRID
Pertandingan di Stadion Ali Sami Yen, Istanbul, beratmosfer panas ini adalah laga ulang antara kedua klub yang saling berhadapan pada perempatfinal musim lalu di mana Madrid menang dengan agregat 5-3.
Sejak itu Madrid berubah dengan Carlo Ancelotti masuk menggantikan Jose Mourinho. Pelatih asal Italia ini telah memastikan bahwa kiper Iker Casillas tampil sebagai starter menggantikan Diego Lopez, sedangkan pemain termahal dunia musim ini Gareth Bale akan menjadi harapan mereka.
Juara bertahan liga Turki, Galatasaray, memulai awal liga pada musim ini dengan lamban sampai-sampai harus menunggu Didier Drogba mencetak gol penyama kedudukan saat menghadapi tim tamu Antalyaspor pada pertandingan yang berkedudukan akhir 1-1.

GRUP C
BENFICA versus ANDERLECHT
Menyusul trauma kekalahan pada final Liga Europa dari Chelsea musim semi lalu, Benfica akan kembali tampil di Liga Champions untuk menghadapi juara Liga Belgia Anderlecht di Estadio da Luz, Lisbon, yang juga akan menjadi tuan rumah laga final Liga Champions nmusim ini.
Benfica yang diasuh Jorge Jesus akan berharap menciptakan penampilan mengesankan di grup tergolong paling ringan pada musim ini, namun tetap mereka dituntut mengawali dengan baik. Apalagi pertemuan kedua klub dalam final UEFA Cup 1983, Anderlecht mengalahkan Benfica yang saat itu dilatih Sven-Goran Eriksson.
Benfica mesti bisa mengulangi rekor kemenangan itu melawan tim asuhan John Van den Brom yang membangun kembali timnya setelah ditinggalkan para pemain seperti Lucas Biglia dan Dieumerci Mbokani musim panas lalu.

OLYMPIACOS versus PARIS SAINT-GERMAIN

Juara Liga Champions PSG difavoritkan menjuarai Grup C setelah keberhasilannya menembus perempatfinal musim lalu. Tim ini telah menjalani pemanasan yang bagus sebelum dijajal  juara Liga Yunani itu setelah menang 2-0 dari Bordeaux Jumat pekan lalu yang dicapai tanpa kehadiran Ezequiel Lavezzi, sedangkan pemain termahalnya yang baru dikontrak Edinson Cavani hanya diturunkan pada sembilan menit terakhir.
PSG berharap menang di Stadion Georgios Karaiskais di Piraeus melawan juara bertahan tiga kali Liga Yunani tersebut.
Dilatih mantan bintang Real Madrid dan timnas Spanyol, Michel, skuad Olympiacos diisi sejumlah pemain yang sebelumnya bermain di Ligue 1,di antaranya Javier Saviola yang pernah memperkuat Monaco.
Pelatih PSG Laurent Blanc pernah memimpin Bordeaux menang atas Olympiacos pada babak 16 Besar musim 2009-10.

GRUP D
BAYERN MUNICH versus CSKA MOSCOW
Bayern memulai kampanye mempertahankan gelar di bawah kepelatihan Pep Guardiola yang mengantarkan Barcelona berjaya pada Liga Champions 2009 dan 2011.
Raksasa Bundesliga itu akan menjamu CSKA Moscow yang adalah juara Liga Rusia.
Bayern tidak akan diperkuat Mario Gotze, Thiago Alcantara dan Javi Martinez yang semuanya tengah dibalut cedera.
CSKA yang dilatih Leonid Slutski melakukan pemanasan yang baik sebelum bertandang ke Bavaria dengan menang 1-0 atas Rostov Sabtu pekan lalu, berkat gol semata wayang debutan Konstantin Bazelyuk.
Hasil itu membuat CSKA kokoh di puncak klasemen dan tak terkalahkan dalama delapan laga domestik pertamanya.

VIKTORIA PLZEN versus MANCHESTER CITY
 Gagal melaju melewati fase grup pada dua musim terakhir, Manchester City yang beranggaran belanja besar, sangat berharap kepada pelatih baru Manuel Pellegrini yang pernah membawa Villarreal dan Malaga ke level lebih baik pada Liga Champions musim-musim sebelumnya.  City sendiri tak pernah sekali pun menang selama musim lalu. Kali ini City setidaknya mengincar seri.
Hasil ini sudah cukup bagi klub Liga Inggris tersebut, kendati Plzen yang diasuh Pavel Vrba memiliki catatan mengesankan selama tampil di Stadion Struncovy Sady dengan rekor tak terkalahkan.
City juga menghadapi masalah kebugaran pemain, di antaranya Martin Demichelis yang baru saja dikontrak, serta kapten tim Vincent Kompany dan David Silva.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013