Gresik (ANTARA News) - Tim nasional Vietnam dibawa usia 19 tahun dipastikan lolos dari Grup B kejuaraan Piala AFF U-19 setelah mengalahkan Myanmar dengan skor 3-1 dalam pertandingan penyisihan yang berlangsung di Stadion Petrokimia, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin. 

Tiga gol tim muda Vitenam dicetak oleh pemain berbakat Nguyen Van Toan yang menciptakan "hattrick" pada menit ke 17, 45, 90. Sedangkan gol Myanmar dicetak Saw Si i pada menit ke 66.

Dalam pertandingan itu, Vietnam yang hanya membutuhkan hasil seri untuk lolos dari babak penyisisan grup B bermain ngotot sejak menit pertama dimulai dengan melakukan serangan bertubi-tubi ke gawang Myanmar.

Terbukti, melalui serangan cepat di menit 17, Nguyen Cong Phuong melakukan tendangan keras ke gawang Myanmar yang dijaga Myo Min Latt, tendangan itu berhasil ditepis dan mengakibatkan bola muntah yang kemudian disambar Nguyen Van Toan. Sambaran sempurna itu pun akhirnya berbuah gol yang merubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Vitenam.

Tertinggal satu gol membuat Myanmar bermain terbuka dan berbalik melakukan serangan ke jantung pertahanan Vitenam. Serangan dari sektor tengah itu hampir mampu menyamakan kedudukan, namun tendangan Myo Ko Tun berhasil diantisipasi penjaga gawang Vietnam.

Sementara Vietnam yang unggul dalam penguasaan bola pendek kembali melakukan serangan di menit-menit akhir babak pertama, dan mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0 setelah Nguyen Van Toan menerima umpan terobosan dari lapangan tengah. Skor 2-0 pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Myanmar mampu memperkecil ketertinggalannya setelah Saw Si i mengakhiri kemelut di depan gawang Vietnam dengan gol pada menit ke 66, dan merubah skor menjadi 2-1.

Gol tersebut mampu menambah semangat pemain Myanmar, dan hampir saja bisa menyamakan kedudukan di menit 85, namun tendangan bebas Hein Thiza Zaw hanya membentur mistar gawang Vietnam.

Memasuki masa "injury time" babak kedua, Vietnam kembali memperbesar keunggulan menjadi 3-1 setelah Nguyen Van Toan lolos dari hadangan pertahanan Myanmar, dan membuat gol yang bertahan hingga pertandingan selesai.

Dengan kemenangan telak 3-1 memantapkan posisi Vietnam berada di puncak klasemen Grup B Piala AFF U-19 dengan nilai total 12 dari empat pertandingan tanpa terkalahkan.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013