Paris (ANTARA News) - Kamis dini hari nanti akan menghadirkan sejumlah pertemuan menarik dalam laga perdana empat grup berikutnya Liga Champions musim ini.

Hari itu adalah pertemuan pertama Barcelona dan Ajax yang keduanya adalah dua nama terkenal dalam sepakbola Eropa, sedangkan Chelsea yang kini diasuh kembali Jose Mourinho dan runner-up musim lalu Borussia Dortmund akan juga beraksi.

AFP memberikan sekilas gambaran mengenai delapan laga pembuka di Grup E, F, G dan H.
 
Grup E
CHELSEA vs BASEL

Pencarian Jose Mourinho memenangkan trofi Liga Champions untuk Chelsea akan mulai dari pertandingan kandang melawan juara Liga Swiss FC Basel di Stamford Bridge. Kedua klub belum lama Mei lalu bertemu dengan dimenangkan Chelsea lewat agregat  5-2 pada semifinal Liga Europa sebelum kemudian menjuarainya setelah di final menang melawan Benfica di Amsterdam. Kedua klub terlempar ke tingkat kompetisi ini setelah tersisih di fase grup Liga Champions musim lalu. Hasil seri mungkin sudah pantas untuk kedua tim, namun klub asal kota London ini yakin bisa kembali ke jalurnya setelah kalah Sabtu lalu di Liga Premier dari Everton, kendati tak akan diperkuat Ramires yang terkena akumulasi kartu.

SCHALKE 04 vs STEAUA BUCHAREST
Setelah melewati awal yang buruk dalam kampanyenya, kepercayaan diri Schalke lagi menanjak berkat tiga kemenangan berturut-tuturnya di liga domestik. Yang teranyar adalah kemenangan tandang 1-0 dari Mainz di Bundesliga Sabtu lalu, berkat gol pertama dan semata wayang dari Kevin-Prince Boateng. Boateng kembali ke Jerman setelah mencetak dua gol untuk AC Milan pada play-off melawan PSV Eindhoven. Dia layak tampil untuk Schalke di fase grup dan akan memainkan peran penting untuk klub asuhan Jens Keller ini yang tak akan diperkuat Klaas-Jan Huntelaar karena cedera lutut.  Juara liga Rumania Steaua yang juga juara Piala Eropa 1986, melewati tiga babak kualifikasi sebelum kemudian untuk pertama kalinya kembali ke fase grup sejak musim 2008-09.

Grup F
MARSEILLE vs ARSENAL

Arsenal menghadapi masalah cedera pemain, antara lain Santi Cazorla, Alex Oxlade-Chamberlain dan Lukas Podolski, namun bintang Jerman yang baru saja dikontrak Mesut Ozil telah menanjakkan klub asal London ini sekaligus menginspirasi timnya menang 3-1 melawan Sunderland pada laga Liga Premier hari Sabtu lalu. Itu adalah kemenangan kelima berturut-turut klub asuhan Arsene Wenger sebelum bertandang ke kandang Marseille. Kedua klub telah bertemu di fase grup dua tahun lalu yang dimenangkan Arsenal 1-0 di selatan Prancis setelah keduanya bermain seri 0-0 pada leg pertama di London. Klub yang dilatih Elie Baup dan hanya bisa bermain seri 1-1 dari Toulouse di Ligue 1 Sabtu lalu itu, mengaku tak diunggulkan dibandingkan tim-tim satu grup lainnya.

NAPOLI vs BORUSSIA DORTMUND
Runner up Liga Champions musim lalu ini akan memulai kampanyenya musim ini dengan bertandang ke Naples. Tim asuhan Jurgen Klopp ini memuncaki klasemen Bundesliga dengan memenangi semua dari lima laga pertamanya di liga, termasuk kemenangan amat meyakinkan 6-2 dari Hamburg Sabtu pekan lalu. Dua pemain yang baru dikontrak Pierre-Emerick Aubameyang dan Henrikh Mkhitaryan akan menjadi fokus perhatian. Dortmund jelas berada dalam suasana yang jauh lebih baik menjelang pertandingan di  Stadio San Paolo itu. Sedangkan Napoli yang juga mengemas nilai sempurna di puncak  klasemen Serie A, setelah para pemain baru Gonzalo Higuain dan Jose Callejon mencetak gol saat menang 2-0 Sabtu lalu dari Atalanta. Tim ini kembali ke Liga Champions setelah setahun absen, pernah kalah dari Chelsea di babak 16 Besar dua tahun lalu. Kali ini mereka dilatih spesialis turnamen Eropa  Rafael Benitez yang menjadi otak sukses Liverpool menjadi juara Liga Champions 2005 dan Chelsea saat merebut trofi Liga Europa musim lalu.

Grup G
ATLETICO MADRID vs ZENIT ST PETERSBURG

Juara dua kali Liga Europa dalam empat musim terakhir yang dilatih Diego Simeone itu kembali ke kancah Liga Champions dan mencetak empat kemenangan pada empat laga pertama La Liga. Yang terakhir adalah kemenangan 4-2 dari Almeria hari Sabtu lalu berkat gol-gol Diego Costa dan David Villa. Penyerang asal Brazil Costa tak akan tampil pada pertandingan yang berlangsung di  Vicente Calderon itu karena akumulasi kartu di musim lalu. Atletico akan menghadapi ujian dari Zenit yang berkocek tebal. Klub Rusia ini siap tampil lebih baik dibandingkan musim lalu ketika mereka gagal melaju dari fase grup. Klub ini melakukan pemanasan yang baik dengan menang 2-0 dari Rostov Sabtu silam, yang membuatnya merengkuh posisi dua klasemen Liga Premier Rusia.

AUSTRIA VIENNA vs PORTO
Juara liga Portugal Porto memulai kampanyenya di Grup G melawan Austria Vienna di Stadion Ernst-Happel. Di stadion inilah Porto memenangi Piala Eropa pertamanya pada 1987 ketika Rabah Madjer yang legendaris membalikkan keadaan untuk menang 2-1 dari Bayern Munchen di final. Porto kini kehilangan James Rodriguez dan Joao Moutinho, serta memiliki pelatih baru Paulo Fonseca, namun mereka terbukti bisa membangun kembali kekuatan dengan cepat dan masih lebih berpengalaman dibandingkan lawannya yang menjadi tuan rumah dan untuk pertama kalinya masuk fase grup tersebut. Klub asuhan Nenad Bjelica lolos dalam dua babak kualifikasi untuk sampai di tingkatnya sekarang.  Namun pemanasannya buruk karena menderita kalah 2-3 di kandangnya dari Groedig dalam kompetisi domestik Austrian Bunbabak.

Grup H
BARCELONA vs AJAX

Grup H menghimpun empat klub mantan juara Liga Champions. Barcelona dan Ajax masing-masing pernah empat kali menjadi juara turnamen ini. Kaitan Barca dengan Ajax sangat erat, terutama berkat Johan Cruyff yang menjadi bintang saat menjadi pemain dan pelatih untuk kedua tim. Rinus Michels dan Louis van Gaal juga pernah melatih kedua tim, sementara Frank Rijkaard memimpin klub Catalan ini ke kejayaan Liga Champions 2006. Hebatnya, ini adalah pertemuan pertama kedua klub. Ketika klub juara Belanda ini tiba di Camp Nou di bawah pimpinan Frank de Boer yang empat tahun pernah memperkuat Barcelona, laga ini akan seluruhnya merupakan pegalaman baru. Tata Martino, yang mencetak empat kemenangan pada empat pertandingan pertama di  La Liga, memang berpengalaman di Copa Libertadores Amerika Selatan, namun dia sama sekali tak berpengalaman di Liga Champions.

AC MILAN vs CELTIC

Juara tujuh kali Eropa AC Milan akan menghadapi juara Eropa 1967 Celtic di Italia yang merupakan ulangan pertemuan mereka pada babak 16 Besar tahun 2007 yang dimenangi klub Serie A itu dengan 1-0 lewat babak perpanjangan waktu berkat gol Kaka. Pemain asal Brazil itu baru-baru ini kembali ke San Siro setelah empat tahun memperkuat Real Madrid namun tak bisa tampil Kamis dini hari nanti karena cedera. Milan perlu dua gol di menit-menit akhir untuk memaksakan seri 2-2 melawan Torino Sabtu lalu dan juga lolos ke fase grup berkat menang di play-off melawan PSV Eindhoven. Klub asuhan Massimiliano Allegri akan sangat difavoritkan menang dari juara Skotlandia ini yang juga lolos ke fase grup berkat tiga kualifikasi. Musim lalu, Celtic yang dilatih Neil Lennon dikalahkan dengan mudah oleh wakil Italia lainnya, Juventus, pada babak 16 Besar.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013