Kami akan menghentikan pergerakan Neymar dan Messi agar keduanya tidak leluasa beroperasi... Neymar dan Messi senantisa mencetuskan situasi berbahaya dan mengancam
Barcelona (ANTARA News) - Duel dua bersaudara yang sama-sama terlahir dari legenda sepak bola Ajax, Johan  Cruijff. Beda asal liga, sama dalam gaya sepak bola yang membuat dunia terkagum-kagum seraya berujar bahwa sepak bola adalah duel, yang tidak mengenal perkoncoan.

Crujff adalah mata air yang meluap bagi Barcelona dan Ajax Amsterdam. Dia membawa dan menularkan virus "tiki- taka", karakter sepak bola yang mengandalkan umpan-umpan pendek, cepat dan terarah.

Dan jarum jam sejarah lebih mengarah kepada "Los Merengues", karena kini tiki-taka sama dan sebangun dengan klub asal negeri Matador itu ketimbang dengan klub asalnya, Ajax. Siapa yang menemukan, siapa yang akhirnya mengembangkan dan menuai hasilnya?

Barcelona dan Ajax siap beradu pandang dan beradu otot dalam laga perdana di grup H Liga Champions yang digelar di stadion Camp Nou, pada Kamis dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan itu akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi SCTV.

Baik Barcelona maupun Ajax sama-sama pernah berbagi sejumlah pemain ngetop di masa lalu, sebut saja Overmars, de Boer, Crujff dan Kluivert serta sederet pemain lainnya.

Ajax pernah merajai sepak bola Eropa di pertengahan tahun 1990-an, situasinya mirip-mirip dengan sukses Barcelona sekarang ini.

Dengan mengandalkan salah seorang pemain "anugerah dari kahyangan" yakni Lionel Messi, klub Catalan itu menggasak tiga gelar Liga Champions dalam hitungan enam tahun.

Ajax kini boleh jadi suam-suam kuku di tengah hangat euphoria sepak bola Eropa, sementara Barcelona berkobar dan berkibar sebagai salah sebuah klub yang terus moncer. Ini semua berkat sihir dari Cruijff yang pernah berkutat di barcelona sejak 1988 hingga 1996.

Ajax terjungkal penyisihan fase grup Liga Champions musim lalu, dan sekarang mereka mulai merajut harapan, meski lawan di depan bukan klub kacangan, sebut saja Barcelona, AC Milan dan Celtic.

Laga di Camp Nou yang akan dipimpin oleh wasit Svein Oddvar Moen itu merupakan momen berkesan bagi sejumlah pemain dan pelatih Ajax.

Hubungan Ajax dengan Barcelona meninggalkan memori mendalam. Mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola dalam sebuah wawancara menyebut bahwa ia banyak menimba inspirasi dari Frank de Boer dalam tata kelola sepak bola.

Crujff yang menyabet tiga kali penghargaan sebagai pemain terbaik dunia meninggalkan Ajax kemudian bergabung ke Barca pada 1973. Ia kemudian meniti karier sebagai pelatih di klub Catalan itu dan memberi trofi Piala Eropa pada 1992 di Wembley.

Sejak itu, sejumlah pemain Barcelona masuk bergabung ke Ajax, salah satunya Bojan Krkic dengan status pinjaman. Pemain lainnya, Gabri Garcia (2006-2010), Roger Garcia (2006/2007), Isaac Cuenca (2013).

Dari Ajax langsung ke Barca: Johan Neeskens (1974-1979), Richard Witschge (1991-1993), Jordi Crujff (1994-1996), Frank de Boer (1998-2003), Ronald De Boer (1998-2000), Jari Litmanen (1999-2001).

Kenangan tinggal kenangan. Cruyff kini berusaha menjaga jarak dengan Barcelona. Ia pernah berkata di sebuah stasiun televisi Belanda, "Saya akan mendukung Ajax. Saya punya sejumlah perbedaan dengan para petinggi Barca. Dan saya tidak ingin melangkahkan kaki ke Camp Nou sepanjang dia masih berada di sana."

Kini, Barcelona dibesut oleh Gerardo Martino. Tugasnya tidak ringan, karena torehan sejarah telah demikian cemerlang melekat di lemari prestasi Barca di ajang Liga Champions dengan menyabet gelar pada 2006, 2009, dan 2011.

Kunci produktivitas "Los Azulgrana" masih bertumpu kepada Lionel Messi. Penyerang asal Argentina itu telah menjaringkan enam gol.

Lokomotif "tiki taka" melaju kencang dengan mengandalkan Messi plus Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Pedro Rodriguez, dan Cesc Fabregas.

Barcelona tampil tanpa diperkuat Jordi Alba karena ia sedang bergelut dengan cedera hamstring ketika membela timnya menang 3-2 melawan Sevilla pada Sabtu pekan lalu, sementara Carles Puyol (cedera lutut), dan Ibrahim Afellay dibekap cedera otot.

Ajax tidak diperkuat Siem de Jong, yang baru saja pulih dari operasi paru-paru, meski Daley Blind, Ricardo van Rhijn, Thulani Serero dan Joel Veltman siap tempur.

Bek Ajax, Niklas Moisander telah "mencium aroma" kemenangan ketika menyambangi Camp Nou. "Peringkat Barcelona tiga sampai empat kali lebih tinggi dari kami, meski kami tidak gentar dan tidak berkecil hati. Anda harus  percaya dengan adanya sebuah kejutan," katanya kepada Nusport.

Komentar dua pelatih:

Gerardo Martino (Barcelona):
"Saya sangat bersemangat mendapat kesempatan menjadi pelatih dari sebuah klub yang berlaga di Liga Champions. Saya juga sempat gugup menghadapi kompetisi prestisius ini. Barcelona punya sejumlah masalah dengan 'set piece' dan kami sekarang sedang berusaha menemukan jalan keluarnya."

"Kami ingin terus maju dari hari ke hari, agar lebih solid. Di tengah rimba kesulitan itu kami mampu memenangi empat gelar liga secara berturut-turut."

"Ketika saya menerima tugas sebagai pelatih, saya tahu bahwa jika kami tidak meraih gelar di musim ini maka itu artinya kami gagal. Saya yakin dapat mengulangi sukses sebagaimana pernah diraih musim lalu. Untuk itu, kami perlu bersikap tangguh. Tidak ada yang menolak bahwa Bayen kini menjadi salah satu klub terbaik di dunia."

"Gaya Ajax dan Barcelona sangat mirip. Kedua tim sama-sama menekankan pembinaan para pemain usia muda. Ajax kini tengah melakukan evolusi, mereka menjual sejumlah pemain terbaiknya setiap tahun, dan esok mereka akan menampilkan (Siem) de Jong. Bojan (Krkić) pemain yang sangat baik, utamanya ketika beroperasi sebagai pemain sayap. Ia kembali ke pemampilan terbaiknya."

Frank de Boer (Ajax):
"Bukan hal yang mengejutkan bila setiap orang menjagokan Barcelona, meski kami yakin mampu menyulitkan mereka. Barcelona tim yang sangat ofensif, untuk itu kami harus tampil sebaik mungkin. Banyak tim yang terus berusaha mengalahkan mereka."

"Kami akan menghentikan pergerakan Neymar dan Messi agar keduanya tidak leluasa beroperasi. Kami perlu pemain yang siap tampil luar biasa."

"Para pemain saya bukan pemain yang kenyang pengalaman, tapi mereka pemain bertalenta. Mereka berusaha tampil cemerlang di level tertinggi, meski memang memerlukan waktu. Kami menaruh kepercayaan sepenuhnya kepada para pemain."

"Saya telah menyaksikan sejumlah tayangan penampilan Barcelona. Mereka tampil sebagai tim berkualitas. Neymar berperan, dan ia lambat laun beradaptasi dengan timnya, dan tim dengan dia."

"Neymar dan Messi senantisa mencetuskan situasi berbahaya dan mengancam. Ia mampu menjalin kerjasama dengan Messi. Jalinan itu kian padu dan rapi. Anda dapat membayangkan sendiri ketika dua pemain bintang berada dalam satu tim, meski jalinan ini tidak selalu dapat berjalan mulus juga."

"Saya punya kenangan manis karena saya pernah bermain di sana selama empat tahun. Ini laga resmi pertama melawan Barcelona, sehingga saya merasa tergugah dan tertantang menghadapi salah satu tim terbaik di dunia. Saya belajar sepak bola di Barcelona."

"Ajax dan Barcelona punya filosofi yang sama yakni menyerang. Tidak ada banyak perbedaan antara kedua tim, kecuali dalam penyediaan dana. Kami sangat senang bahwa filosofi Johan Cruyff di Ajax banyak berimbas di Barcelona. Filosofinya masih kental berada di Barcelona."   

Prakiraan susunan pemain:

Barcelona (4-3-3):
Valdés (penjaga gawang); Alves, Piqué, Mascherano, Adriano; Busquets, Fàbregas, Iniesta; Sánchez, Messi, Neymar

Ajax (4-3-3):
Vermeer (penjaga gawang); Van Rhijn, Moisander, Denswil, Boilesen; Poulsen, Schone, Serero; Bojan, Sig órsson, Fischer

Prediksi hasil pertandingan (Goal.com):

* Barcelona 3-1 Ajax (18,51 persen)
* Barcelona 3-0 Ajax (15,97 persen)
* Barcelona 4-0 Ajax (10,96 persen)
      
Lima laga terakhir:

Barcelona
14 Sep 2013   Barcelona 3 - Sevilla 2    LIGA
1   Sep 2013   Valencia  2 - Barcelona 3  LIGA
28 Aug 2013   Barcelona 0 - Atletico Madrid 0  ESPS
25 Aug 2013   Malaga 0 - Barcelona 1   LIGA
21 Aug 2013   Atletico Madrid 1 - FC Barcelona 1  ESPS

Ajax
14 Sep 2013   Ajax 2 - Zwolle 1      NED1
  1 Sep 2013   Groningen 1 - Ajax 1    NED1
23 Aug 2013   Heerenveen 3 - Ajax 3  NED1
18 Aug 2013   Ajax 2 - Feyenoord 1    NED1
11 Aug 2013   AZ 3 - Ajax 2        NED1

Narasi prediksi:
* Ajax disebut-sebut tengah berjuang keras terus memupuk semangat. Mereka terus berusaha fokus dan berjuang agar tetap punya konsentrasi ketika melawan tim manapun, juga ketika menantang Barcelona.
* Sorotan media dengan perhelatan Liga Champions demikian bertubi-tubi. Ini yang bukan tidak mungkin banyak dimanfaatkan dan dijadikan nilai tambah bagi skuad Ajax.
* Barcelona tengah dan terus bersinar di awal musim dalam ajang domestik dengan menorehkan kemenangan demi kemenangan.
* Penunjukan Gerado Martino sebagai pelatih anyar membawa dampai positif bagi kemajuan tim. Barca mengalahkan Malaga, Valencia dan Sevilla. Motornya, Lionel Messi ditambah mitra barunya Neymar. Barcelona berada di atas angin, apalagi laga ini digelar di Camp Nou.

Prediksi laga menurut editor Antaranews.com
Barcelona: 2
Ajax : 1

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013