Kiprah Adeline dalam pelestarian lingkungan ini dimulainya sejak tahun 2008.
London (ANTARA News) - Seorang remaja Indonesia, Adeline Tiffani Suwana (16), yang aktivis lingkungan hidup berhasil meraih penghargaan The International Diana Award 2013 dari Perdana Menteri (PM) Inggris, David Cameron.

Penghargaan tersebut diserahkan Daniel Gothard, Award Project Officer dari The Diana Award, kepada Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Raya, T.M. Hamzah Thayeb, yang akan meneruskannya kepada Adeline melalui Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Inggris di Jakarta.

Sekretaris pertama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London, Heni Hamidah, kepada ANTARA News di London, Kamis, mengatakan bahwa Adeline merupakan peraih Diana Award kedua di tahun 2013, karena sebelumnya Christy Zakarias juga meraih penghargaan yang sama pada bulan Mei 2013.

Menurut Heni Hamidah, salah satu kontribusi positif yang dilakukan pelajar SMAK 1 Penabur Jakarta adalah upayanya mengorganisir sekitar 150 teman sekolahnya untuk menanam mangrove di kawasan pantai Jakarta dan pelestarian koral di perairan Kepulauan Seribu.

Adeline, pelajar telah melalui tahap penilaian oleh Yayasan Diana Award dan diniai telah memberikan kontribusi positif yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

Kiprah Adeline dalam pelestarian lingkungan ini dimulainya sejak tahun 2008 dengan mendirikan perkumpulan Sahabat Alam dan memotori gerakan peduli alam dan lingkungan di wilayahnya.

Adeline bahkan berhasil membuat acara televisi dan merekam lagu-lagu yang bertemakan ajakan pelestarian lingkungan hidup dalam Bahasa Indonesia serta Bahasa Inggris.

Penghargaan Diana Award diberikan sejak tahun 1999 sebagai penghargaan kepada kalangan muda berusia 9 hingga 18 tahun yang telah memberikan kontribusi positif kepada komunitas di lingkungannya maupun di masyarakat internasional.

Para peraih penghargaan Diana Award memperoleh sertifikat penghargaan ditandatangani Perdana Menteri (PM) Inggris, David Cameron, dan akan menjadi bagian dari Diana Network, jejaring yang digunakan untuk bekerjasama dalam upaya perbaikan di lingkungan masing-masing maupun di dunia internasional.

Sebelumnya Adeline Tiffanie Suwana meraih juara pertama EFL award dalam kejuaraan debat antar pelajar sedunia, World Schools Debating Championships (WSDC) di Turki. Selain itu juga menyabet juara Eco-Friendly (2009) karena peran nyatanya dalam pelestarian lingkungan.

Eco-Friendly adalah ajang internasional pemilihan anak-anak usia 8-16 tahun yang berperan nyata dalam pelestarian lingkungaan hidup.

Setahun kemudian, Adeline dipilih badan lingkungan hidup PBB, United Nations Environmental Program (UNEP), menghadiri International Children`s Conference on Biodiversity di Nagoya (Jepang) dan dianugerahi World Summit Youth Award untuk kategori Go Green, karena aksi pelestarian lingkungan hidup.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013