Jakarta (ANTARA News) - Memodifikasi mobil adalah salah satu bentuk ekspresi diri yang sah-sah saja dilakukan pecinta otomotif, namun ada hal-hal yang harus diperhatikan agar modifikasi tidak berdampak buruk bagi mobil Anda.

Menurut Putra Samiaji National Service Manager General Motors Indonesia APM Chevrolet, pemilik mobil harus benar-benar bijak dalam memilih aksesoris untuk mempercantik mobilnya.

Untuk memilih aksesoris yang tepat, pemilik mobil terlebih dahulu harus mengetahui limitasi dan spesifikasi kendaraan.

"Harus tahu apa dampaknya saat memasang aksesoris," ujarnya pada IIMS 2013, Jumat.

Memodifikasi mobil tidak bisa sembarangan mengandalkan keindahan saja tanpa memikirkan akibat dari perubahan itu. Salah-salah, keamanan pengendara terancam bila modifikasi dilakukan asal-asalan.

"Bila mendapat aksesoris dari tempat yang tidak resmi atau bukan partner dari diler resmi, sebaiknya pengendari berkonsultasi pada diler resmi," paparnya.

"Misalnya sejauh apa modifikasi itu mempengaruhi keselamatan pengendara atau justru life time dari mobil itu sendiri," lanjutnya.

Sementara itu, Putra mengemukakan bahwa pengguna otomotif Indonesia memiliki kreativitas tinggi dalam memodifikasi mobil yang tercermin dari penjualan aksesoris Chevrolet.

"Aksesoris berkontribusi besar, sepuluh persen dari revenue penjualan sparepart," imbuhnya.

Aksesoris dan modifikasi yang didesain untuk Chevrolet meliputi eksterior dan interior seperti body kit, head unit, body molding, crome garnish and cover, LED lighting, carbon cover, wood panel, dan exclusive floor mat.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013