nilai lelang satu ikannya dibuka dengan harga hanya Rp500 ribu, untuk penawaran peserta bisa menaikan harga hanya Rp100 ribu.
Sukabumi (ANTARA News) - Sukabumi menggelar lelang ikan koi berkualitas yang diberi nama Sukabumi Breeder Koi Festival yang juga diikuti oleh para penghobi dan petani koi baik dari dalam maupun luar Sukabumi.

"Acara ini merupakan yang pertama kami gelar yang tujuannya untuk mendorong ekonomi lokal khususnya para petani koi yang ada di Sukabumi," kata Ketua Panitia Sukabumi Breeder Koi Festival, Yoris Rusamsi kepada Antara, Minggu.

Pada hari pertama ini lelang diperbolehkan untuk umum yang nilai lelang satu ikannya dibuka dengan harga hanya Rp500 ribu, untuk penawaran peserta bisa menaikan harga hanya Rp100 ribu.

Ia mengatakan, untuk tahap pertama sebanyak 110 koi impor dilelang dari ukuran 33 cm sampai 65 cm.

Menurut dia, acara yang digelar 21-22 September itu ikan yang dilelang seluruhnya berkualitas dan hasil seleksi terbaik dari Jepang, ikan pun dikirim dari Jakarta Koi Club.

Untuk pendaftarannya pun sangat murah peserta lelang hanya membayar pendaftaran sebesar Rp20 ribu untuk petani dan Rp50 ribu untuk umum.

Menurut Yoris tujuan digelarnya lelang ikan koi ini untuk meningkatkan kualitas benih dan indukan koi di Sukabumi walaupun peserta yang dari umum datang dari berbagai daerah seperti Jakarta dan Medan.

Untuk hari ke dua lelang dikhususkan bagi para petani dan ikan yang akan dilelangkannya pun sampai ada yang ukuran 78 cm.

"Hari ini harga lelang koi tertinggi Rp7,6 juta untuk jenis Kohaku dengan ukuran panjang 45 cm, seluruh ikan yang dilelang sudah memiliki sertifikat resmi dari Asosiasi Pecinta Koi Indonesia dan juga dilengkapi asal budidaya ikan tersebut," tambahnya.

Sementara, pengurus APKI Pusat, Sugiarto Budiono mengatakan untuk lelang yang pertama kali dilakukan di Sukabumi harga ikan bisa tergolong sangat murah, biasanya lelang dibuka dengan harga Rp1 juta dan kelipatannya Rp200 ribu.

Seperti pada contoh harga koi jenis Kohaku yang hasil lelangnya tertinggi yakni Rp7,6 juta, padahal jika dilelang secara umum harga ikan tersebut minimalnya 10 juta karena kualitas ikan itu.

"Namun, tujuan digelarnya acara ini salah satunya juga untuk promosi dan bukan mencari keuntungan, serta yang terpenting petani koi di Sukabumi bisa mendapatkan bibit koi yang berkualitas," kata Sugiarto.

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013