Palembang (ANTARA New) - Lagu "Buka Sedikit Joss" yang akrab dengan iringan goyangan ala `Cesar` menjadi sajian awal (pre-show) acara pembukaan perhelatan olahraga negara-negara Islam "Islamic Solidarity Games" di Palembang, Minggu malam.

Lagu dan goyangan yang populer di masyarakat sejak beberapa bulan terakhir itu disajikan oleh Marching Band Gita Wiratama dihadapan sekitar 20 ribu penonton yang memadati Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring.

Penyajian musik itu menjadi semakin menarik karena anggota marching band tidak segan-segan bergoyang ala Cesar seperti yang biasa ditanyangkan oleh sebuah stasiun televisi swasta nasional.

Para penonton pun memberikan sambutan meriah sembari menyaksikan dari layar datar berukuran besar berbingkai miniatur Jembatan Ampera.

Sebelumnya, acara pembuka itu juga menyuguhkan sajian hiburan paduan suara dari Bina Vocalia Palembang yang menyanyikan lagu mars ISG, kemudian "Gambang Suling", "Ayo Mama", dan "Yamko Rambe Yamko".

Setelah sajian pre-show itu, acara dilanjutkan ke pertunjukan utama, termasuk pembukaan ISG secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga dihadiri Pangeran Arab Saudi Nawaf Faisal bin Faisal Abdul Aziz selaku Presiden Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF).

Sebanyak 44 negara ambil bagian pada perhelatan olahraga negara-negara anggota Organisasi Kerja sama Islam, yakni Aljazair, Azerbaijan, Brunei Darussalam, Burkino Fasao, Mesir, Guyana, Indonesia, Iran, Iraq, Kuwait, Libya, Maladewa, Maroko, Malaysia, Oman, Pakistan, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Sudan, dan Suriah, Tajikistan.

Kemudian, Turkmenistan, Turki, Uni Emirat Arab (UEA), Uganda, Yaman, Guinea, Mauritania, Gambia, Nigeria, Yordania, Togo, Pantai Gading, Senegal, Kamerun, Monzambik, Libanon, Tunisia, Somalia, Bahrain, Jibuti, Bangladesh, dan Chad.

Perhelatan olahraga ISG itu sendiri telah dimulai dengan mempertandingkan cabang olahraga bola basket, 15-20 September, dan sepak bola, 19-29 September, meski secara resmi dibuka presiden pada malam ini.

(KR-DLY/I016)

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013