Belitung Timur, 24 September 2013 (ANTARA) – Belitung Menteri Kehutanan (Menhut) RI Zulkifli Hasan bersama Wali band melakukan penghijauan di lokasi Agro Wisata Bukit Pangkuan Kelapa Kampit, Belitung Timur pada Selasa 24/09/2013. Hadir pula dalam acara tersebut Bupati Belitung Timur; Basuri Tjahja Purnama, Dirjen BPDAS PS; Hilman Nugroho, Kepala Dinas (Kadis) Kehutanan dan Pertanian Propinsi Bangka Belitung, 4000 pelajar serta sejumlah masyarakat Belitung Timur.

     Dalam sambutannya, Menhut menyampaikan ungkapan syukur dan terimakasih kepada masyarakat Belitung Timur atas kesadarannya untuk melakukan gerakan penanaman pohon. Menhut juga mengatakan bahwa sebagian kawasan hutan dulunya adalah untuk pengusaha tambang, kebun sawit dan karet. Tapi, sekarang tidak lagi demikian, lahan dan hutan harus diutamakan untuk kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu pada kesempatan ini, Menhut menetapkan areal kerja Hutan Kemasyarakatan seluas 1,550 Ha yang diberikan kepada 500 kepala keluarga, pemberian Hutan Tanaman Rakyat sebanyak 450 Ha kepada 14 unit, Kebun Bibit Rakyat kepada 5 unit masing-masing 50 juta rupiah serta Bantuan Sosial untuk 2 kelompok tani masing-masing 50 juta rupiah.

     Pada kesempatan yang sama, Menhut didampingi Bupati Belitung Timur dan Wali Band melakukan penanaman pohon Simpur; merupakan tanaman endemik di kawasan Belitung. Selain itu, Menhut juga melepaskan-liarkan beberapa jenis burung.

     Menhut berharap kegiatan penanaman pohon bersama Wali Band di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur ini tidak sekedar pada acara ini saja, yang terpenting adalah melanjutkan kegiatan penanaman dan pemeliharaan pohon agar tujuan Kabupaten Belitung Timur menjadi daerah wisata yang hijau dan asri dapat tercapai.

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013