Google perbarui tampilan dan fitur GMail

Google perbarui tampilan dan fitur GMail

Tampilan baru GMail, dengan tab-tab pengkategorian pesan yang memanjang horisontal di atas daftar pesan-pesan masuk. (Google)

Jakarta (ANTARA News) - Raksasa Internet Google telah memperbarui tampilan dan fitur layanan email gratisnya, GMail, dengan perubahan menonjol pada Inbox (kotak surat).

Dalam pembaruan (update) GMail yang sudah diumumkan kepada pengguna dan diterapkan mulai hari ini, Google telah membagi kotak surat menjadi lima kategori, yaitu Primary, Promotions, Social, Updates, dan Forum.

Kategori inbox itu disusun Google memanjang horisontal di atas daftar pesan-pesan yang masuk ke akun pengguna, dan ditampilkan dalam bentuk tab sehingga memudahkan pengguna melihat pesan dalam masing-masing kategori.

Inbox Primary akan menampung seluruh pesan yang dikirim oleh teman dan keluarga, juga pesan dari orang lain yang tidak tampil di tab (kategori) lain.

Tab Promotions akan mengumpulkan pesan-pesan mengenai penawaran produk dan pesan-pesan promosi lainnya, sedangkan tab Social menampung pesan-pesan dari media sosial, laman berbagi, layanan kencan online, platform-platform game, laman sosial lainnya.

Tab Updates akan menjadi kotak untuk menampung pemberitahuan seperti konfirmasi, resep, pembayaran, hingga pernyataan-pernyataan.

Sementara kotak kategori Forums diperuntukkan bagi pesan-pesan dari grup online, kelompok diskusi, atau mailing list yang diikuti pengguna.

Tab-tab pengkategorian dalam inbox itu dapat diatur pengguna dengan mudah, seperti bisa disembunyikan dan ditampilkan kembali dengan hanya mengklik ikon "+" yang terletak di sisi kanan tab, kemudian klik simpan (save).

Opsi lain, tab bisa dinonaktifkan (disable) atau dimunculkan kembali.

Dalam tiap-tiap tab kategori inbox akan muncul pemberitahuan jumlah pesan yang masuk sejak terakhir dibuka, dan jumlah pesan email yang belum dibaca (dibuka) muncul pula di Primary.

Pesan email dalam satu kategori dapat dipindahkan dengan mudah dengan hanya men-drag pesan dan meletakkannya di kategori inbox yang diinginkan.

Walaupun pengguna tidak menggunakan tab kategori, semua pesan akan dipilah ke dalam kategori masing-masing. Pengkategorian itu dapat digunakan sebagai label-label otomatis.

Pengkategorian pesan yang sama juga tersedia di aplikasi GMail versi mobile pada perangkat Android 4.0 ke atas termasuk iPhone dan iPad. Jika pengguna membuka aplikasi GMail, maka ia akan melihat kategori Primary, dengan akses mudah ke tab-tab lain. (*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar