Peresmian CEPP Undip Semarang ini merupakan ke-38,"
Semarang (ANTARA News) - "Center for Election and Political Party" (CEPP) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mendorong peningkatan partisipasi pemilih pemula di antaranya dengan memberikan pendidikan dan pelatihan.

"Peresmian CEPP Undip Semarang ini merupakan ke-38," kata Direktur CEPP FISIP UNDIP Fitriyah seusai acara peresmian, di Semarang, Rabu.

Fitriyah menjelaskan jumlah pemilih pemula sangat tinggi atau sekitar 30 persen dari total pemilih, sehingga sangat potensial untuk digarap.

Selain itu, pemilih pemula merupakan pemilih kritis dan cerdas dalam menentukan pilihannya, sehingga diperlukan pendidikan yang memadai.

Untuk melakukan pendidikan terhadap pemilih pemula maka diperlukan strategis yang menarik perhatian para mahasiswa maupun siswa salah satunya materi juga disampaikan oleh mahasiswa serta siswa.

"Caranya akan menyesuaikan dengan dunia anak muda seperti melalui outbond dan karena materi juga disampaikan oleh mereka yang muda, sehingga akan menarik," katanya.

Dalam kesempatan sama, Presiden Direktur CEPP FISIP UI Chusnil Mariyah menegaskan bahwa CEPP menyiapkan kepala daerah, presiden, dan para wakil rakyat yang jujur dan berkualitas.

CEPP merupakan usaha kongkrit dari para akademisi khususnya perguruan tinggi dalam mendidik, melatih, serta mempersuasi generasi pemimpin bangsa dalam kehidupan berpolitik dan berbangsa.

Tidak hanya jangka panjang, CEPP akan mempersiapkan pemilih pemula baik mahasiswa maupun siswa sebagai pemilih cerdas pada Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden mendatang.

Seusai peresmian CEPP, dilanjutkan dengan bedah buku "Teori dan Praktik Pemilu di Indonesia" yang ditulis Dra. Fitriyah, MA terbit 2013 sekaligus belajar demokrasi dan politik Perancis dari Prof. Jarques Gerstle (Universitas Pantheon la Sorbone) dan hadir juga Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Buku tersebut menggambarkan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2009 dengan semua persoalan yang dimulai dengan pembentukan KPU baru yang diragukan mampu menggelar pemilu lebih baik dari pemilu sebelumnya, persoalan pemutakhiran data pemilih, serta mengulas gambaran komprehensif tentang perjalanan pemilu di Indonesia.

N008/H015)

Pewarta: Nur Istibsaroh
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013