Kudus (ANTARA News) - PT Perusahaan Listrik Negara Area Kudus, Jawa Tengah, mengeluhkan warga yang bermain layang-layang dekat jaringan listrik karena jika menyangkut kabel jaringan listrik mengganggu aliran listrik.

"Kami mencatat, sudah berulang kali terjadi gangguan jaringan listrik akibat adanya benang layang-layang yang menyangkut kabel jaringan," kata Asisten Manajer Jaringan PT PLN Area Kudus Ahmad Mustaqir di Kudus, Kamis.

Dia mengatakam benang layang-layang yang menyangkut kabel jaringan listrik sering mengakibatkan listrik padam, terutama saat benang mengalami kelembaban. Dia pun meminta masyarakat tidak bermain layang-layang dekat jaringan kabel listrik.

Ahmad juga menyebutkan ketika benang menyangkut kabel jaringan listrik yang tidak terbungkus, maka itu akan membahayakan keselamatan jiwa seseorang.

PLN sendiri melakukan tindak antisapasif dengan memasang pengaman untuk kabel yang belum terbungkus di 1.000 titik sehingga menekan gangguan listrik akibat faktor-faktor pengganggu yang antara lain benang layangan itu, sekaligus menekan angka pemadaman listrik.

Pewarta: khmad Nazaruddin Lathif
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013