Athena (ANTARA News) - Kejuaraan Reli Akropolis di Yunani dicoret dari kalender lomba Kejuaraan Dunia Reli (WRC) 2014, demikian diumumkan panitia penyelenggara, Jumat.

Ini untuk pertama kalinya kejuaraan dunia reli yang sudah berlangsung selama 60 tahun di Yunani ditiadakan dari kalender lomba tahunan Kejuaraan Dunia Reli (WRC=world rally championship), lapor AFP.

Pada 1974, Reli Akropolis ditiadakan karena terjadi kriris enerji dan hal sama terjadi lagi pada 2010 ketika badan otomotif dunia (FIA) mencoreng negara itu sebagai salah satu penyelenggara.

"Panitia penyelenggara Reli Akropolis berusaha keras untuk mengembalikan kejuaraan itu pada lomba 2015," demikian pernyataan dari dari panitia penyelenggara.

"Tanda-tanda terjadinya hal ini sudah kelihatan pada pertengahan musim panas ketika FIA dan promotor membicarakan situasi ekonomhttp://pawon1.antaranews.com/selectnewsedit.php?id=37914&newsid=1380325235i yang melanda Yunani dan Reli Akroplis terkena imbasnya," kata panitia.

Keputusan pencoretan putaran ke-13 kejuaraan dunia di Yunani pada 2014 itu diambil pada pertemuan Dewan Motor Sport FIA yang diadakan di Dubrovnik, Jumat.

Seperti halnya pada lomba tahun ini, pada 2014 perlombaan diadakan pertengahan Januari di Monte Carlo dan berakhir di Inggris pada November.

Reli Polandia, termasuk kompetisi di perbatasan Lithuania, diadakan untuk menggantikan Reli Akropolis.


Penerjemah: A.R Lubis

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013