Sulbar habiskan Rp15,8 miliar bangun bendungan

Sulbar habiskan Rp15,8 miliar bangun bendungan

Ilustrasi -- Produksi padi di Sulawesi Barat (Foto ANTARA)

... agar produksi padi Sulbar dapat ditingkatkan
Mamuju (ANTARA News)- Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menghabiskan anggaran Rp15,8 miliar untuk membangun tiga bendungan dan saluran irigasi sepanjang tahun 2013.

Kepala Bidang Pembangunan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulbar, Ir Aksar, di Mamuju, Sabtu, mengatakan sekitar Rp15,8 miliar anggaran dana alokasi khusus (DAK) APBD Sulbar tahun 2013 dihabiskan membangun tiga bendungan dan saluran irigasi.

Tiga bendungan yang dibangun itu terletak di Desa Tandung Kecamatan Tinambung, di Desa Papalang Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju, serta di Kecamatan Bambaira Kabupaten Mamuju Utara.

Sementara saluran irigasi teknis, dibangun di Lakejo Kecamatan Tapango Kabupaten Polman dengan panjang mencapai satu kilometer.

Menurut dia, tiga bendungan dan saluran irigasi teknis itu dibangun dalam rangka meningkatkan produksi padi Sulbar yang mencapai 400 ribu ton di tahun ini menjadi satu juta ton pada tahun 2015 mendatang.

"Setelah membangun bendungan akan diikuti dengan membangun sarana irigasi teknis dengan memanfaatkan sumber air dari bendungan, agar produksi padi Sulbar dapat ditingkatkan karena masa panennya akan meningkat dari dua kali setahun menjadi tiga kali setahun karena didukung pengairan yang memadai," katanya.

Sarana bendungan dan pengairan sangat penting dibangun di Sulbar karena baru sekitar 16 ribu hektare dari 67 ribu hektare sawah di Sulbar yang memiliki pengairan teratur, yang didukung sumber air dari bendungan.

Pewarta:
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar