Roma (ANTARA News) - Goran Pandev mencetak dua gol dalam rentang waktu 11 menit pada babak pertama untuk membawa Napoli ke puncak klasemen Liga Italia melalui kemenangan 2-0 di markas Genoa, sementara AC Milan menang 1-0 saat menjamu Sampdoria pada Sabtu.

Pasukan Rafael Benitez yang belum terkalahkan, yang memulai pertandingan dengan dua penyerang Gonzalo Higuain dan Marek Hamsik menghuni bangku pemain cadangan menjelang pertandingan lawatan ke markas Arsenal di ajang Liga Champions pada Selasa, kini telah meraih 16 angka dari enam pertandingan.

Pandev mencetak gol pada menit ke-14 dan ke-25, dan membuat timnya unggul satu angka atas tim peringkat kedua AS Roma, yang akan menjamu Bologna pada Minggu.

Milan naik ke peringkat kesembilan dengan koleksi delapan angka setelah Valter Birsa mencetak gol melalui sepakan jarak jauh pada menit ke-46 untuk mengamankan kemenangan kedua mereka musim ini.

Penampilan Pandev yang membawa kemenangan bagi Napoli datang setelah ia bermain di belakang penyerang tengah, posisi yang ia minta ke Benitez untuk menempatkan dirinya.

"Saya mengatakan kepadanya bahwa tidak ada perkecualian, ia bermain di tengah dan ia harus mencetak gol, dan ia melakukannya," kata Benitez dikutip Reuters.

Pria Spanyol itu dikritik pada tengah pekan ketika ia merotasi timnya dan mereka hanya dapat bermain imbang 1-1 saat menjamu tim papan bawah Sassuolo.

"Kami benar-benar menginginkan tiga angka setelah malam yang mengerikan pada Rabu namun malam-malam itu dapat terjadi pada siapapun," kata pemain Macedonia Pandev. "Malam ini kami bermain benar-benar baik dan layak untuk menang."

Milan yang dilatih Massimiliano Allegri tidak diperkuat beberapa pemain termasuk Mario Balotelli yang terkena hukuman skors dan, terpisah dari beberapa periode setelah gol, mereka tidak tampil baik.

Tiga menit setelah mereka meraih keunggulan Robinho menyia-nyiakan operan sempurna Andrea Poli dengan melepaskan tembakan lurus ke kiper Sampdoria Angelo Da Costa di depan gawang.

Sampdoria yang diasuh Delio Rossi hanya menawarkan sedikit semangat juang yang membantu mereka mencetak dua gol larut saat mereka bermain imbang 2-2 di Cagliari pada musim lalu, dan mereka berada di peringkat ketiga dari bawah dengan koleksi dua angka.

Pandev mendapat satu peluang untuk Napoli melalui serangan balik, menyerobot operan dari gelandang Genoa Juraj Kucka dan melewati Alessandro Gamberini untuk dengan tenang melepaskan tembakan yang membawa timnya unggul.

Ia kemudian memainkan umpan satu-dua dengan Lorenzo Insigne sebelum menuntaskannya dengan tembakan kaki kanan dari sudut sempit.

Genoa, yang menduduki peringkat ke-15 di klasemen, membawa tim tamu berada di bawah tekanan setelah bek Napoli Raul Albiol membuka jalan untuk Paolo Cannavaro pada saat turun minum.

Ini akan menjadi kekhawatiran bagi Benitez ketika ia berniat untuk memuncaki klasemen Grup F Liga Champions dengan meraih kemenangan di markas Arsenal pada tengah pekan.

Pada Minggu, tim peringkat ketiga Inter Milan melawat ke Cagliari sedangkan Juventus, yang berada di peringkat keempat, berhadapan dengan rival sekota Torino. Tim peringkat kelima Fiorentina menjamu Parma pada Senin.

(H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013