DPD telah banyak memberikan warna dalam menjawab dan ikut menyelesaikan berbagai persoalan bangsa,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman menegaskan lembaganya telah banyak memberikan warna dalam menjawab berbagai persoalan bangsa demi keutuhan serta kemajuan Indonesia.

"DPD telah banyak memberikan warna dalam menjawab dan ikut menyelesaikan berbagai persoalan bangsa," kata Irman Gusman saat rapat paripurna DPD RI dalam rangka ulang tahun ke-9 lembaga itu di Senayan, Jakarta, Selasa.

Rapat paripurna HUT ke-9 DPD RI selain dihadiri seluruh anggota lembaga itu juga turut hadir Ketua MPR Sidarto Danusubroto, Wakil Ketua MPR Melani Leimena, Wakil Ketua MPR Ahmad Farhan Hamid, Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar, Ketua BPK Hadi Purnomo, dan sejumlah tokoh lainnya.

Menurut Irman sampai saat ini beragam harapan dan cita-cita ditumpukan kepada DPD.

"DPD lahir dari semangat pembaharuan untuk melepaskan diri dari belenggu sistim pemerintahan yang sentralistik menuju era desentralisasi dan otonomi daerah," kata Irman.

Dalam pidatonya, Irman juga menjelaskan `prestasi` DPD, antara lain telah menghasilkan 418 keputusan terdiri dari 39 usul RUU, 188 pandangan dan pendapat, 14 pertimbangan, 52 pertimbangan terkait anggaran, 116 hasil pengawasan, empat usul prolegnas, dan lima rekomendasi.

Irman juga mengatakan DPD terus berkomitmen mengembangkan keunggulan ekonomi yang dimiliki daerah.

"Petani di daerah harus mendapatkan jaminan ketersediaan bibit dan pupuk. Peternak perlu dijaga ketersediaan pakan agar mampu menjadi produsen dan sebagainya. Begitupun nelayan," kata Irman.
(J004/S024)

Pewarta: Jaka Suryo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013