... sesuai dengan gagasan -- semuanya berjumlah 20-- yang diperjuangkan Indonesia dalam pertemuan tersebut... "
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - KTT APEC 2013 di Nusa Dua, Bali, masih beberapa hari lagi. Menuju ke sana digelar sejumlah besar pertemuan di tingkat pejabat senior dan menteri, salah satunya membahas dukungan APEC atas perdagangan multilateral. 

Hal itu menjadi hasil rancangan kesepakatan menonjol pada hari pertama Pertemuan Pejabat Senior anggota APEC, Selasa. Seluruh rangkaian pertemuan APEC 2013 kali ini berlangsung pada 1-8 Oktober, di Nusa Dua.

"Pertemuan tersebut mendukung sistem itu dengan memastikan pencapaian hasil nyata Pertemuan Tingkat Menteri WTO, di Bali, pada Desember tahun ini," kata Direrktur Jenderal Kerja Sama Perdagangan Interternasional Kementerian Perdagangan, Imam Pambagyo. 

Dia memimpin seri pertemuan itu dan setelah usai menjelaskan salah satu poin rancangan stand alone system yang akan dihasilkan pertemuan itu menegaskan sidang SOM APEC berkomitmen pada sistem perdagangan multilateral.

Selain itu, berkomitmen memperpanjang tenggat waktu untuk kebijakan-kebijakan yang dianggap perfeksionis sampai 2014. Para pejabat senior APEC itu juga mendorong ekonomi anggota forum itu lebih aktif dan proaktif dalam pertemuan WTO Desember 2013.

Hasil tersebut, menurut Ketua Delegasi SOM APEC Indonesia, Yuri O Thamrin, sesuai dengan gagasan -- semuanya berjumlah 20-- yang diperjuangkan Indonesia dalam pertemuan tersebut.

Indonesia juga mendorong peningkatan perdagangan jasa di kawasan Asia Pasifik dan mendorong pembangunan konektivitas APEC yang mendukung konektivitas di ASEAN dan Indonesia.

Oleh Ahmad Buchori
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013