... bagaimana kawasan Asia Pasifik bisa menghadapi keadaan ketidakpastian dunia dan tetap tumbuh... "
Denpasar (ANTARA News) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Pangestu, mengatakan, pertumbuhan ekonomi negara-negara angota APEC disumbang secara signifikan oleh sektor pariwisata.

"Pertumbuhan ekonomi negara saat ini tidak lepas dari kontribusi sektor pariwisata," kata Pangestu pada Dialog Kebijakan Tingkat Tinggi Fasilitasi Perjalanan APEC (HLPD), di Kuta, Bali, Selasa.

Ia mengatakan, sektor pariwisata memainkan peranan penting di kawasan Asia Pasifik dan memiliki relevansi dengan tema pertemuan yang diangkat dalam KTT APEC 2013, di Bali. Populasi ke-21 negara anggota APEC tercatat 1,8 miliar jiwa dengan sumbangan 44 persen terhadap PDB dunia.

"Tema APEC tahun ini adalah bagaimana kawasan Asia Pasifik bisa menghadapi keadaan ketidakpastian dunia dan tetap tumbuh," katanya.

Dikatakan pertumbuhan pariwisata paling tinggi di Asia Pasifik dan sumbangan terhadap ekonomi sekitar delapan-sembilan persen PDB.

Bahkan, kata dia, sumbangannya sektor ini mampu menyerap tenaga kerja dan dari segi penghasilan devisa. Indonesia turut mendorong peningkatan ini, dengan skema konektivitas, infrastruktur, dan pendukung lain. 

"Sehingga penting untuk bisa kita dorong antara lain dangan meningkatkan jumlah pengunjung antarnegara Asia Pasifik dalam rangka kunjungan pariwisata," ucapnya.

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013