San Francisco (ANTARA News) - Laman jejaring sosial Facebook sedang mengembangkan sebuah layanan iklan untuk membantu para pengembang aplikasi tablet dan smartphone.

Aplikasi yang juga disebut mobile app ads itu memungkinkan perusahaan-perusahaan mempromosikan aplikasi mobile mereka kepada 1,15 miliar pengguna Facebook.

"..akan termasuk kemampuan-kemampuan baru yang didesain untuk meningkatkan lamanya waktu konsumen menggunakan aplikasi-aplikasi pihak ketiga," kata Facebook seperti dikutip Reuters.

Sejak awal tahun ini, lebih dari 145 juta aplikasi pihak ketiga telah di-install oleh pengguna Facebook, kata director of platform monetization Facebook, Deb Liu.

Kira-kira 8.400 pengiklan menggunakan mobile aplikasi ads Facebook pada kuartal kedua, kata Liu.

Itu jumlah relatif kecil dari lebih 1 juta pengiklan yang dihitung Facebook, tapi analis mengatakan bahwa pengembang aplikasi merepresentasikan satu kelompok konsumen yang tumbuh dan atraktif yang akan dirambah Facebook.

Aplikasi-aplikasi smartphone, yang didesain untuk iPhone Apple Inc dan ponsel berbasis Android Google, telah berjuang untuk tetap menonjol di "ruang" yang penuh sesak.

Mobile app ads baru Facebook akan memungkinkan pembuat aplikasi perjalanan menawarkan kamar hotel, penerbangan, atau aplikasi musik seperti Sportify mempromosikan lagu baru sebuah band.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013