Sakdithat Sakdharat direncanakan akan mendampingi timnas hingga SEA Games. PB MI memang sengaja mendatangkannya untuk lebih mengasah kemampuan khususnya teknik seluruh petarung,"
Makassar (ANTARA News) - Pengurus Besar Muay Thai Indonesia mendatangkan pelatih asal Thailand untuk meningkatkan kemampuan petarung timnas menghadapi SEA Games Myanmar 2013.

Pelatih Muay Thai Indonesia Nurahmi saat dihubungi dari Makassar, Kamis, mengatakan pelatih asing itu bernama Sakdithat Sakdharat.

Pelatih yang bersangkutan bahkan telah bergabung dalam tim pelatnas SEA Games 2013 beberapa waktu lalu.

"Sakdithat Sakdharat direncanakan akan mendampingi timnas hingga SEA Games. PB MI memang sengaja mendatangkannya untuk lebih mengasah kemampuan khususnya teknik seluruh petarung," jelasnya.

Mengenai kehadiran pelatih asing di timnas, pelatih Sulsel itu secara pribadi mengaku tidak masalah. Justru kehadirannya diharapkan semakin menjaga peluang Indonesia meraih prestasi maksimal pada ajang olahraga dua tahunan tersebut.

Untuk masalah komunikasi, kata dia, juga tidak akan menghambat proses latihan timnas. Sebab, sambung dia, pelatih yang bersangkutan bisa menggunakan bahasa inggris sehingga bisa dipahami seluruh atlet.

Menghadapi SEA Games 2013, tim Indonesia menargetkan merebut dua emas, empat perak dan tiga perunggu. Untuk mewujudkan itu, tim Indonesia akan mengandalkan 11 petarung yang saat ini terus fokus dalam mematangkan kemampuannya.

Terkait target tersebut, dirinya juga mengaku cukup realitis. Selain didukung persiapan yang cukup maksimal, sejumlah atlet juga memiliki modal berharga dengan merebut medali di kejuaraan dunia di Thailand 2013.

"Kami sesama pelatih juga sudah berkolaborasi dengan baik. Mudah-mudahan dengan kehadiran pelatih asing membuat target kita di SEA Games dapat terpenuhi," kata pelatih yang sebelumnya menangani tim Wushu Sulsel itu.

Sementara terkait kekuatan lawan yang akan dihadapi di SEA Games mendatang, Nurahmi menilai Malaysia merupakan salah satu lawan terberat.

Menurut dia, kualitas petarung Malaysia dalam beberapa kejuaraan dunia menunjukkan perkembangan signifikan. Malaysia juga memiliki banyak petarung yang secara kualitas baik tim utama dan pelapis tidak berbeda jauh.

"Vietnam belakangan ini juga sering merepotkan tim kita. Adapun Thailand yang saya tahu jika kemungkinan tidak turun karena federasinya mengalami masalah internal. Namun kami siap menghadapi siapapun di SEA Games nanti," ucapnya.

(KR-AKR/N002)

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013