Jakarta (ANTARA News) - Membuat festival musik menjadi tantangan tersendiri bagi Dewi Gontha, Presiden Direktur PT Java Festival Production.

Dari segi pembiayaan, perusahaan yang dikenal pernah menggelar festival musik terbesar di Indonesia "Java Festival" itu, diakui Dewi tidaklah mudah karena membuat festival, musisi yang didatangkan banyak.

Tidak hanya dari segi biaya, promotor pun harus menyesuaikan jadwal pentas musisi di festival dengan jadwal umum yang dimiliki musisi itu. Ketika telah sepakat untuk tampil, ia juga harus mengurus perizinan, terutama untuk musisi asing.

"Itu semua ada biayanya. Gimana menutupi makanya cari sponsor," kata Dewi saat menggelar jumpa pers LA Lights Java Soulnation 2013 di Senayan, sore ini.

Mencari sponsor pun bukan perkara mudah. Penting untuk mengetahui apakah sponsor sudah pernah berpartisipasi dalam acara musik sebelumnya.

Bila belum, menurut Dewi akan lebih sulit untuk menjelaskan apa saja yang akan diperoleh dalam kerja sama menyelenggarakan festival musik.

"Bagaimana sponsor menghargai acara juga tergantung kita presentasi. Lalu nego lagi. Itu nggak mudah," ceritanya.

Menurut Dewi, faktor terpenting dalam menyelenggarakan festival musik adalah sponsor dan penjualan tiket.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013