... mengenakan baju kebaya khas Bali berwarna biru muda dipadu kerudung dan kain ikat Bali corak berwarna serupa... "
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Para istri pimpinan delegasi KTT APEC 2013 mengunjungi kawasan wisata taman laut Bali Safari, Senin siang, sebagai bagian dari putaran pertemuan puncak pemimpin APEC itu. Jarak yang cukup jauh dari arena KTT APEC 2013 tidak jadi halangan mereka bercengkrama.

Sebagai tuan rumah, busana kain ikat tradisional Bali bernuansa biru dan lain-lain "menemani" para pendamping ketua delegasi ekonomi APEC itu; demikian serasi sesuai dengan "warna resmi" penyelenggaraan KTT APEC 2013 ini. Di mana-mana baliho KTT APEC 2013 adalah biru bercorak putih.

Bali Safari dipilih menjadi tujuan wisata dan bersilaturahmi para istri pemimpin ekonomi APEC dengan keunikannya dan adopsi konsep Taman Safari Bogor, Jawa Barat. Konservasi ekologi dan kekayaan hayati tropis dengan seluruh keasriannya ada di sana.

Sebagai negara dengan kekayaan hayati yang melimpah, Bali Safari juga menjaga hal itu, di antaranya pelsetarian Bali Mynah, gajah sumatera dan harimau sumatera.

Di dalam rombongan itu terdapat istri Presiden China, Peng Liyuan, isteri Presiden Chile, Cecilian Morel, isteri Presiden Meksiko, ngelica Rivera, isteri Perdana Menteri Singapura, Ho Ching, isteri PM Selandia Baru, Bronagh Key, isteri PM Malaysia, Datin Seri Paduka Rosmah Mansor, dan isteri PM Papua Nugini, Lynda May Babao.

Selain itu, isteri PM Jepang, Akie Abe, isteri PM Australia, Margaret Abbott, isteri pemimpin ekonomi Hong Kong, Regina Tong Ching-yi, dan isteri perwakilan pemimpin ekonomi China Taipei, Siew Chu Su-Hsien.

Ibu Negara, Kristiani Yudhoyono dan istri Wakil Presiden, Herawati Boediono, menjadi nyonya rumah yang dengan penuh keramahan menjamu para kolega mancanegaranya itu. Selain mereka berdua, para istri menteri Kabinet Indonesia Bersatu II juga mendampingi.

Mereka adalah istri Menteri Koordinator Perekonomian, Okke Hatta Radjasa, istri Menteri Luar Negeri, Sranya Marty Natalegawa, istri Menteri Koperasi dan UKM, Inggrid Kansil, dan istri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Ratna Joko Suyanto.

Okke Radjasa mengenakan baju kebaya khas Bali berwarna biru muda dipadu kerudung dan kain ikat Bali corak berwarna serupa. Istri menteri lain juga mengenakan kebaya khas Bali dipadu kain ikat Bali bercorak warna-warni.

Pada waktu sama, para suami mereka --pemimpin-pemimpin ekonomi APEC-- menghadiri pertemuan dan seri dialog, di antaranya retreat dan dilog dengan pemimpin puncak bisnis negara-negara APEC.

Sementara itu keamanan di sekitar kawasan wisata Bali Safari mulai diperketat sejak pagi. Ratusan petugas gabungan polisi dan TNI terlihat berjaga-jaga di pintu lobi masuk.

Pewarta: Amie Fenia Arimbi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013