Los Angeles (ANTARA News) - Drama fiksi ilmiah 3D yang dibintangi Sandra Bullock dan George Clooney, "Gravity", berhasil memimpin daftar box office Amerika Utara yang sebelumnya ditempati film "Cloudy with a Chance of Meatballs 2."

"Gravity" diprediksi meraup pendapatan 55,6 juta dolar dari penjualan tiket pada Jumat hingga Sabtu, demikian dikutip dari Xinhua.

Ini merupakan debut tertinggi yang tak biasa untuk sebuah film yang dirilis pada Oktober, yang pada 2011 dipegang "Paranormal Activity 3" dengan pendapatan 52,6 juta dolar.

Film thriller tersebut dibuat dengan dana hampir 100 juta dolar dan digarap oleh sutradara asal Meksiko Alfonso Cuaron yang diunggulkan untuk meraih Oscar. Salah satu film garapan Cuaron adalah "Harry Potter and The Prisoner of Azkaban".

Dikutip dari Xinhua, penonton bioskop pada malam pertama memberi skor "A-" untuk film tersebut dan lebih dari 98 persen pengkritik memberikan penilaian positif, demikian ulasan Rotten Tomatoes .

Sementara itu film "Cloudy with a Chance of Meatballs 2" menempati urutan ke-2 dengan pendapatan 21,5 juta dolar.

Film "Runner Runner" yang dibintangi Ben Affleck dan Justin Timberlake berada di peringkat tiga dengan pendapatan yang mengecewakan sekitar 7,6 juta dolar dan mendapat skor C dalam CinemaScore dan meraih 8 persen nilai positif dari Rotten Tomatoes.

Sementara itu, film terpopuler di Amerika Utara pekan ini yakni "Prisoners" (5,7 juta dolar), "Rush" (4,4 juta dolar), "Don Jon" (4,1 juta dolar), "Baggage Claim" (4,1 juta dolar), "Insidious Chapter 2" (3,9 juta dolar), "Pulling Strings" (2,5 juta dolar) dan "Enough Said" (2,1 juta dolar).



Penerjemah: Yakob Arfin T Sasongko

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013