Jakarta (ANTARA News) - Sebagian pelanggan PT PLN (Persero) di wilayah Jakarta Timur dan Bekasi mengalami pemadaman listrik sekitar pukul 21.00 WIB.

Berdasarkan pantauan, Rabu, wilayah pemadaman mencakup Taman Mini, Lubang Buaya, dan Setu di Jakarta Timur, serta Jatiwarna, Hankam Raya, Jatimelati di Bekasi.

Warga Taman Mini, Jakarta Timur, Ade mengatakan, pemadaman terjadi sejak pukul 21.00 WIB.

"Semua rumah di sekitar sini mati lampu," katanya.

Sementara, warga Jatimelati, Maya mengatakan, listrik padam saat dirinya sedang mengajari anaknya yang akan mengikuti ujian tengah semester pada pekan ini.

"Ketika lagi belajar, lampu mati. Terpaksa berhenti belajarnya," ujarnya.

Belum diperoleh informasi dari PLN mengenai penyebab pemadaman.

Tepat pada Rabu (2/10) pekan lalu sekitar pukul 20.00 WIB, pemadaman listrik juga terjadi di wilayah sebagian Jakarta Timur dan Jakarta Selatan akibat salah satu trafo di GITET 500 kV Cawang terbakar.

Akibatnya, lima gardu induk (GI) dengan total daya 263 MW yakni Taman Rasuna yang menyalurkan beban listrik 41 MW, Duren Tiga 74 MW, Mampang Baru 106 MW, Abadi Guna Papan 23 MW, dan Danayasa 19 MW mengalami pemadaman.

PLN langsung melakukan manuver beban IBT-2 ke IBT-1 Cawang dan ditambah subsistem kelistrikan Priok, Jakarta Utara.

Kurang dari dua jam atau tepatnya pukul 21.45 WIB beban padam sudah normal kembali dan daerah yang mengalami pemadaman menyala kembali.
(K007/Z002)

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013