Makao (ANTARA News) - Sejumlah bintang film dan TV termasuk Nicole Kidman, Nicolas Cage, Quentin Tarantino, Michelle Dockery dan Matthew Perry Senin malam tampil untuk menerima penghargaan di panggung upacara penyerahan Huading Award ke-10 di Makao.

Acara tersebut berlangsung di Teater Venetian, Makao, dengan penghargaan Academy Award diserahkan kepada sederet bintang terkenal itu.

Aktris Inggris, Michelle Dockery, yang memerankan Mary Crawley di "Downton Abbey" , memenangkan hadiah Aktris Serial TV Global Terbaik. Sedangkan Mathew Perry, yang dikenal karena memerankan Chandler pada "Friends" meraih hadiah Aktor Serial TV Global Terbaik.

"Ini adalah kehormatan khusus bagi saya untuk melihat bahwa "Downton Abbey" telah begitu dipeluk di China. Ini adalah pertama kalinya saya berada di Makao dan keramahan Anda indah. Aku merasa begitu tersanjung," kata Michelle Dockery dalam pidatonya.

Aktris pemenang Academy Award Nicole Kidman mendapat kehormatan sebagai Aktris Wanita Global Terbaik. Aktor Pria Global Terbaik diberikan kepada ikon bintang film terkenal Nicolas Cage.

Quentin Tarantino, sutradara film terkenal seperti "Pulp Fiction", "Kill Bill" dan terbaru "Django Unchained", menerima penghargaan Sutradara Global Terbaik.

Booboo Stewart, yang bermain dalam "Twilight Saga", memenangkan penghargaan Aktor Muda Terbaik Dunia, sedangkan Jeremy Irons dihormati dengan Global Achievement Award.

Penyanyi dan pencipta lagu Kanada Avril Lavigne menerima hadiah untuk Best Singer global.

"Aku mencintai semua penggemarku di Asia, sehingga penghargaan ini berarti banyak bagi saya. Tur saya akan segera dimulai di Asia dan saya harap Anda akan mendengar dan menikmati lagu-lagu album baru saya," katanya dalam pidatonya.

Kelompok cewek Korea Selatan "Girls Generation" memenangkan Best Idol Group Global. Sedangkan Dancer Sharon Savoy memenangkan Best Dancer Wanita global.

Didirikan pada tahun 2007 oleh perusahaan media Global Talent Media Group berbasis di beijing, Huading Awards diadakan beberapa kali sepanjang tahun di berbagai lokasi di China, meliputi bintang dari semua bidang.

Kali ini kegiatan ini juga memperoleh dukungan dari kantor penghubung MSAR Pemerintah Pusat bersama-sama dengan Yayasan Makao.
(H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013