Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan hadiah kepada mahasiswa kreatif yang memenangi Lomba Karya Tulis Ekonomi Kreatif Tingkat Nasional untuk Mahasiswa 2013.


Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemparekraf Prof Dr I Gde Pitana, M.Sc memberikan hadiah kepada para pemenang Lomba Karya Tulis Ekonomi Kreatif Tingkat Nasional untuk Mahasiswa 2013 di Jakarta, Kamis.


"Kami berharap penghargaan ini bisa memacu mahasiswa untuk semakin kreatif dan menuliskan karya-karya mereka agar bisa dibaca khalayak yang lebih luas," kata Pitana.


Hadiah berupa piala dan piagam dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta hadiah uang untuk juara pertama, kedua, dan ketiga, serta juara harapan satu, dua, dan tiga.


Sebanyak 6 pemenang lomba mendapat hadiah berupa piala, sertifikat, dan uang masing-masing sebesar Rp12 juta, Rp9,6 juta, dan Rp7,2 juta untuk juara pertama, kedua, dan ketiga. Sedangkan uang sebesar Rp6 juta, Rp4,8 juta, dan Rp3,6 juta untuk juara harapan satu, dua, dan tiga.


Lomba Karya Tulis Ekonomi Kreatif Tingkat Nasional untuk Mahasiswa 2013 yang mengangkat tema "Kreativitas untuk Memperkuat Jati Diri Bangsa; dengan subtema Pengembangan Kreativitas Konten Berbasis Seni dan Budaya Indonesia dalam Industri Penyiaran" diikuti mahasiswa dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia dengan total materi sebanyak 36 naskah.


Plt. Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Dra. Endang Martani, M.Sc mengatakan dari 36 naskah yang masuk telah dilakukan seleksi administratif oleh panitia dan penilaian substansi oleh Dewan Juri untuk menentukan 10 besar sebagai finalis pada 17 September 2013.


"Selanjutnya pada 8 Oktober 2013, kesepuluh finalis lomba mempresentasikan karya tulis mereka di hadapan Dewan Juri, dan sebagai puncaknya akan diumumkan para pemenangnya pada hari ini," katanya.


Lomba karya tulis ini melibatkan Dewan Juri yang terdiri dari peneliti, akademisi dan praktisi di bidang multimedia, yaitu: Prof. Drs. Rusdi Muchtar, BA, MA, APU (Peneliti Utama LIPI), Dr. Henny Saptatia DN, MA (pakar sosiologi mass media & dosen Pascasarjana Universitas Indonesia) dan Wahyu Aditya (CEO Hellomotion Academy).

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013