Dubai (ANTARA News) - Di Uni Emirat Arab (UAE), Hari Raya Kurban, yang dalam bahasa Arab disebut Idul Adha, dimeriahkan dengan satu pekan perayaan pribadi dan umum, serta peringatan di seluruh negeri tersebut.

Lebih dari 1,6 miliar umat Muslim di seluruh dunia pun bersiap menyambut Hari Raya Kurban tersebut, yang tahun ini jatuh pada Selasa (15/10), sehari setelah Jamaah Haji berkumpul di Padang Arafah di sebelah timur Makkah di Arab Saudi.

Kedekatan UAE dengan Makkah membuat Idul Adha jadi lebih nyata di negeri itu. UAE terletak di pantai timur Jazirah Arab dan di dekat perbatasan dengan Arab Saudi, tempat Kota Suci Makkah berada di sebelah barat.

Makkah memainkan peran penting selama Idul Adha karena menarik jamaah yang harus menyempurnakan Ibadah Haji.

Kota metropolitan bisnis di UAE, Dubai, menjadi tempat bandar udara terbesar di wilayah itu dan memperkirakan didatangi 65 juta penumpang pada 2013, banyak di antara mereka adalah jamaah yang melakukan perjalanan dari seluruh dunia dan menggunakan Dubai sebagai tempat persinggahan sebelum mereka terbang menuju Jeddah di Arab Saudi, kota terdekat dengan Makkah dengan bandar udara internasional.

Sudah biasa jika orang melihat seorang Muslim dengan rambut dicukur dan mengenakan pakaian Ihram selama Hari Raya Kurban di gerbang Dubai International Airport.

Rakyat di Dubai dan Abu Dhabi berbaris untuk membeli daging kambing, lalu memasaknya dan menyantapnya bersama anggota keluarga mereka di rumah, demikian laporan Xinhua. Mereka yang mampu membeli kambing hidup dan menyembelihnya untuk memperlihatkan kepatuhannya pada Tuhan.

Selama Idul Adha, kehidupan bisnis terhenti, sementara pertemuan menjamur di mana-mana.

Tempat hiburan seperti Desa Global di Dubai atau kompleks santai Ferrari World di Abu Dhabi berencana membuka pintu mereka lebih lama daripada biasanya, sementara pusat pertokoan utama di Dubai mengumumkan mereka akan buka 24 jam non-stop selama Idul Adha.

Untuk menambah manis perayaan Idul Adha, Pemerintah Dubai mengumumkan bahwa parkir kendaraan akan digratiskan di seluruh Emirat dari 13 sampai 18 Oktober, sementara metro Dubai akan beroperasi sampai pukul 03.00 waktu setempat, bukan tutup pada tengah malam seperti hari biasa.

Pemerintah UAE telah memberi pegawai negeri libur satu pekan mulai Ahad (13/10), sedangkan perusahaan swasta menutup kegiatan mereka dari Senin sampai Rabu.

"Ied Mubarak", ucapan dalam bahasa Arab, adalah salam yang umum digunakan selama Idul Adha dalam ucapan yang populer melalui SMS dan surel. 

Bukan cuma rakyat biasa, Presiden UAE Sheikh Khalifa bin Zayed An-Nahyah pun mengirim ucapan peringatan kepada raja, presiden dan pangerah di kalangan pemimpin Arab dan Islam saat Idul Adha. Ia berdoa semoga rakyat sehat dan bahagia, demikian laporan kantor berita UAE, WAM.

Dalam pesan Idul Adhanya, Emir Dubai Sheikh Mohammed Bin Rashid Al-maktoum menegaskan perayaan Idul Adha menyambut semua orang --Muslim dan non-Muslim.
(C003/A016)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013