Rayakan "bulan mutu" dengan Indonesia Quality Expo

Jakarta (ANTARA News) - Dalam rangka merayakan "bulan mutu" yang jatuh setiap Bulan November, Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan Indonesia Quality Expo (IQE) yang bisa diikuti masyarakat secara cuma-cuma. Apa saja kegiatannya?

"Momentum peringatan bulan mutu sangat penting untuk mengingatkan kembali akan pentingnya standar bagi masyarakat Indonesia mengingat arus produk barang dan jasa semakin tidak terkendalikan dengan baik. Maraknya produk impor sering menimbulkan berbagai reaksi dan permasalahan di dalam negeri," kata Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Prof. Bambang Prasetya dalam siaran pers yang diterima ANTARA News di Jakarta, Senin.

Oleh karenanya, BSN membangkitkan kembali kesadaran masyarakan akan pentingnya mutu dan infrastruktur mutu, termasuk standar, penilaian kesesuaian dan metrologi.

Prof. Bambang menjelaskan, pada tahun ini rangkaian peringatan Hari Standar Dunia dan Bulan Mutu Nasional 2013 dimulai dengan pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) pada tanggal 3 Oktober 2013 dalam rangka persiapan Rakornas Standardisasi.

Selanjutnya, acara puncak bulan mutu akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 17-19 Oktober 2013 dengan nama Indonesia Quality Expo (IQE).

IQE dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Bapak Hatta Rajasa yang akan dilanjutkan dengan serangkaian acara Seminar Nasional Standardisasi. Para pembicara di seminar diantaranya Regional Director IEC Asia-Pasific Regional Center Dennis Chew, Business Manager IECEx Secretariat Mark Amos, serta Direktur Jenderal Kerjasama Perdagangan Internasional Iman Pambagyo.

Pada tanggal 18 Oktober 2013, acara dilanjutkan dengan Temu Masyarakat Standardisasi, Forum Pendidikan Standardisasi, Pertemuan Presentasi Ilmiah Standardisasi, Temu Panitia Teknis Perumusan SNI & Herudi Technical Comittee Award, workshop Standar CODEX dan penanganannya di Indonesia, serta Malam Anugerah SNI Award.

Kemeriahan rangkaian kegiatan bulan Mutu yang mengundang kurang lebih 1.500 stakeholder dari seluruh Indonesia, serta menghadirkan pembicara seminar dari dalam dan luar negeri itu, kata Prof. Bambang, BSN juga menggelar pameran IQE yang menghadirkan beberapa industri penerap SNI seperti Pupuk KALTIM, PT. Hartono Istana Teknologi –produsen merk Polytron dan Lembaga Penilaian Kesesuain seperti Sucofindo, TUV Nord, dan sebagainya. Prof. Bambang berharap, ajang nasional yang banyak melibatkan stakeholder ini, dapat dinikmati pula oleh masyarakat seluruh Indonesia.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar