Negara besar yang membentang dari Sabang hingga Merauke dan terdiri dari lebih 17 ribu pulau ini mustahil meniadakan transmigrasi manakala negeri ini masih dihiasi oleh kemiskinan, pengangguran, ketimpangan...
Pontianak (ANTARA News) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar merayakan Idul Adha bersama warga di kawasan transmigrasi Sei Radak, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

"Kami terus melakukan pendekatan dan penyerapan program transmigrasi supaya lebih sesuai dengan keadaan lapangan," kata Muhaimin usai sholat Ied di Kubu Raya, Kalimantan Barat, Selasa.

Kunjungan dengan didampingi keluarganya itu disebut Muhaimin juga sebagai bentuk dukungan bagi para transmigran yang disebutnya berjuang tidak hanya untuk diri dan keluarganya namun untuk bangsa dan negara.

"Saya juga memberi semangat (bagi transmigran) baik yang sudah lama dan baru untuk mempersiapkan diri dengan baik," kata Muhaimin.

Dalam kesempatan itu, Menakertrans juga memberikan bantuan hewan kurban tiga ekor sapi dan bantuan lainnya antara lain genset, hand tractor, paket subsidi program perluasan kesempatan kerja serta paket buku perpustakaan, paket sarana rumah ibadah dan paket pengembangan usaha.

Lebih lanjut Muhaimin berharap agar warga transmigran, khususnya di kawasan Sei Radak Untuk dapat menjadi benteng pemenuhan kebutuhan pangan nasional.

"Terutama yang di Kubu Raya ini kami harapkan menjadi food estate atau pemenuhan daya tahan pangan nasional sehingga ke depannya kami tidak lagi mengimpor pangan kedelai, makanan-makanan dari Thailand atau negara lain," ujar Muhaimin.

Kawasan Transmigrasi Sei Radak merupakan permukiman transmigrasi dengan pola transmigrasi umum tanaman pangan lahan basah (TU-PLB) yang penempatannya dimulai tahun 2007 dan hingga tahun 2009 telah dihuni oleh 405 kepala keluarga (KK) atau sekitar 1.512 jiwa.

Pada tahun 2013 ini ditargetkan pengembangan Permukiman Transmigrasi Baru (PTB) di Sei Radak SP.2 dengan target penempatan 100 KK.

Muhaimin mengatakan ke depannya program transmigrasi diharapkan semakin berkembang bukan hanya di Kalimantan Barat tapi juga di daerah lain.


Pewarta: Arie Novarina
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013