Moskow (ANTARA News) - Petenis Rusia Alisa Kleybanova untuk pertama kalinya maju ke perempatfinal turnamen WTA sejak berjuang mengatasi penyakit kanker setelah mengalahkan unggulan keenam dari Spanyol Carla Suarez Navarro 7-6 (7/2), 6-4 pada turnamen ATP dan WTA Piala Kremlin.

Petenis berusia 24 tahun penyandang gelar dua turnamen WTA itu pernah berada di urutan 20 dunia tetapi berjuang keras pada 2011 dan 2012 karena menderita penyakit Lymphoma, salah satu jenis penyakit kanker.

"Saya suka bertanding melawan Carla dan saya tahu pertandingan akan sangat keras," kata Kleybanova.  "Tetapi saya kira hari ini saya bermain cukup bagus, lebih akurat dibanding dia." 

Tidak lama kemudian, petenis Italia Roberta Vinci juga maju ke putaran perempatfinal setelah mengalahkan petenis Rusia Elena Vesnina 2-6, 6-1, 6-4.

Vinci (30) yang lebih dikenal ampuh pada laga ganda kendati peringkat tunggalnya 11 dan kedua pada turnamen itu, akan menghadapi petenis Rusia lainnya pada putaran delapan besar, dua kali juara Grand Slam, Svetlana Kuznetsova.

Kuznetsova yang menjadi unggulan kedelapan, maju ke perempatfinal setelah menang 6-2, 7-5, atas Sofia Arvidsson dari Swedia.

Finalis tahun lalu Samantha Stosur dari Australia yang menempati unggulan ketujuh, mengalahkan petenis non unggulan Kaia Kanepi dari Estonia 6-3, 6-1 dan maju ke putaran kedua. 

(A008/A011)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013