Sebuah kesepakatan untuk mengakhiri penghentian sebagian kegiatan pemerintah (partial shutdown) AS dan menaikkan pagu utang AS untuk sementara berhasil ditempuh...
Jakarta (ANTARA News) - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis dibuka naik 32,89 poin atau 0,73 persen menjadi 4.525,15 poin setelah adanya kesepakatan AS untuk menaikan batas atas utang.

Head of Research Valbury Asia Securities, Alfiansyah, mengatakan indeks bursa domestik dan Asia terbawa penguatan dari bursa saham AS, setelah kesepakatan menaikkan pagu utang AS untuk sementara berhasil dicapai.

"Sebuah kesepakatan untuk mengakhiri penghentian sebagian kegiatan pemerintah (partial shutdown) AS dan menaikkan pagu utang AS untuk sementara berhasil ditempuh," kata dia.

Menurut dia, keputusan di AS tersebut memang yang diharapkan oleh pasar, karena jika tidak tercapai kesepakatan akan berdampak luas bagi pasar finansial.

Analis Samuel Sekuritas, Benedictus Agung, menambahkan selain bursa saham, harga minyak dunia turut bergerak menguat sebesar satu persen ke level 102,3 dolar AS per barel memfaktorkan kesepakatan proposal anggaran untuk menaikkan batas atas utang AS dan mengakhiri "shutdown" di AS.

Meski demikian, lanjut dia, penguatan indeks BEI diperkirakan masih akan terbatas seiring dengan pelaku pasar yang sedang menunggu dan memantau hasil kinerja emiten di kuartal III tahun ini.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013