Waktunya pulang, pengingat jadwal di kalender, surat elekronik, SMS, dan fitur-fitur lainnya dapat muncul pada layar jam tangan ini...
Jakarta (ANTARA News) - Google sedang memberikan sentuhan akhir pada jam tangan pintar yang akan diluncurkan "dalam beberapa minggu", kata intern perusahaan ini.

Jam tangan yang diyakini bernama Gem itu, dapat menguntungkan pekerjaan Google yang telah berfungsi dalam perangkat komputer "dapat dikenakan."

Perangkat ini juga dapat menjalankan Google Now untuk penunjuk arah dan perpesanan sebagaimana yang tersedia pada Google Glasses.

Pada Agustus silam, terungkap bahwa perusahaan ini membeli sebuah perusahaan bernama WIMM, yang membuat jam tangan untuk perangkat Andorid Google.

"Google dapat memasang banyak fungsi Google Glasses pada jam tangan pintar ini," kata Seith Weintrub dalam 9to5Google.com.

"Tekan sebuah tombol, ajukan pertanyaan, dan dapatkan respon dari jam tangan ini berupa suara."

"Dan juga, informasi yang biasanya ditampilkan Google Now pada ponsel Anda dapat tampil pada perangkat ini," tambahnya.

"Waktunya pulang, pengingat jadwal di kalender, surat elekronik, SMS, dan fitur-fitur lainnya dapat muncul pada layar jam tangan ini," tambah Weintrub.

Penelitian Juniper menyatakan, pangsa pasar untuk perangkat-perangkat "dapat dikenakan" akan sangat luas, dan tumbuh sekitar 14 kali lipat - menjadi 19 miliar dolar - pada 2018, dan jam tangan pintar diklaim akan menjadi jawaranya, dengan 36 juta pengiriman global pada 2018.

Tahun ini sekitar satu juta jam tangan pintar Sony dan Samsung akan didistribusikan. Apple diyakini juga tengah mempersiapkan jam tangan.

Namun, beberapa ahli menyatakan saat ini terlalu awal untuk meluncurkan jam tangan pintar.

"Meskipun teknologi ini sangat mengesankan, masih ada semacam masalah pada ukuran fisik jam tangan ini, terutama dengan ukuran layar," katanya.

Penerjemah:
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013