Bakar lahan haram hukumnya

Bakar lahan haram hukumnya

Ilustrasi saat seorang warga membersihkan lahan pertaniannya dengan cara membakar di tepi Jalan Lintas Timur Kabupaten Bengkalis, Riau, Kamis (27/6). Ancaman kebakaran lahan dan hutan yang mengakibatkan status tanggap darurat asap di Riau belum sepenuhnya selesai karena budaya membakar lahan untuk pertanian masih lekat di masyarakat. (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

... hukumnya haram... "
Sampit, Kalimantan Tengah (ANTARA News) - Majelis Ulama Indonesia Kalimantan Tengah mengeluarkan fatwa haram hukumnya membakar lahan secara sengaja berujung kemudharatan.

"Pembakaran hutan dan lahan untuk kegiatan kehutanan, pertanian, perkebunan, peternakan dan lain-lain yang mengakibatkan kabut asap, kerusakan lingkungan serta mengganggu kehidupan manusia, hukumnya haram," tegas Sekretaris Umum MUI Kalteng, Samsuri Yusup, dari Sampit, Jumat.

Sampai saat ini masih marak lahan dibakar atau terbakar, di antaranya di Kota Palangka Raya dan Kabupaten Kotawaringin Timur.

"MUI mengajak masyarakat menyadari, membakar lahan itu menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat luas. Apalagi kalau sampai menimbulkan kabut asap, mengganggu kesehatan masyarakat," kata dia.

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar