counter

225 desa, 578 orang ikut pilkades serentak di Temanggung

225 desa, 578 orang  ikut pilkades serentak di Temanggung

Petugas mengeluarkan surat suara saat dilaksankan Pilkades (pemilihan kepala desa) di Desa Muntung, Candiroto, Temanggung, Jateng, Sabtu (19/10). Sebanyak 578 orang berebut menjadi kepala desa di Kabupaten Temanggung pada pemilihan kepala desa yang berlangsung secara serentak di 225 desa di kabupaten tersebut. (ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN)

Temanggung (ANTARA News) - Sebanyak 578 orang berebut menjadi kepala desa di Kabupaten Temanggung pada pemilihan kepala desa yang berlangsung secara serentak di 225 desa di kabupaten tersebut, Sabtu.

Kepala Bagian Pemerintah Desa Pemkab Temanggung, Agus Sarwono, mengatakan, sebenarnya ada 226 desa yang menggelar pilkades, namun karena di Tanggulanom, Kecamatan Tlogomulyo tidak ada pendaftarnya maka hanya ada 225 desa.

Ia menyebutkan, dari 578 calon tersebut terdiri atas 532 laki-laki dan 46 perempuan.

"Dari sejumlah calon tersebut, 105 di antaranya adalah mantan kades yang mencalonkan kembali," katanya.

Ia mengatakan, pencoblosan berlangsung secara serentak di 578 desa dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Penghitungan suara dimulai pukul 13.00 WIB.

Berdasarkan pantauan, ada beberapa desa hanya terdapat satu calon sehingga harus bersaing dengan kotak kosong, antara lain di Desa Purbosari Kecamatan Ngadirejo, Desa Kruwisan Kecamatan Kledung, dan Desa Tlilir Kecamatan Tlogomulyo.

Bupati Temanggung, Bambang Sukarno, berharap, pelaksanaan pilkades secara serentak ini bisa berlangsung tertib dan aman.

Ia mengatakan, semua pihak yang terlibat dalam pilkades wajib menjunjung tinggi kejujuran dan keadilan serta tidak berpihak pada salah satu calon.

"Kami berharap pelaksanaan pilkades beserta rangkaian kegiatan dapat berjalan lancar, aman, tertib, dan situasi kondusif," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2013

565 calon kades di Batang deklarasi damai

Komentar