Jamaah haji Banten meninggal tujuh orang

Jamaah haji Banten meninggal tujuh orang

Ilustrasi. Jemaah yang hendak melempar jumroh area tersebut padat karena banyak jemaah mandiri yang mabit. (ANTARANEWS/Fitri Supratiwi)

Data terakhir yang kami terima sudah ada tujuh orang jamaah haji Banten yang meninggal dunia. Dua orang diantaranya meninggal pada Kamis (17/10) di pemondokan dan rumah sakit di Makkah,"
Makkah (ANTARA News) - Jamaah haji asal Provinsi Banten yang meninggal dunia di Makkah dan Madinan hingga Sabtu (19/10) bertambah menjadi tujuh orang.

"Data terakhir yang kami terima sudah ada tujuh orang jamaah haji Banten yang meninggal dunia. Dua orang diantaranya meninggal pada Kamis (17/10) di pemondokan dan rumah sakit di Makkah," kata Kepala Seksi Dokumentasi dan Perjalanan Haji Kanwil Kemenag Provinsi Banten Huzaemi Abidin di Makkah, Sabtu.

Ia mengatakan, ke tujuh jamaah haji Banten yang meninggal tersebut yakni Sukemah Sapri Kodir Kloter 33 warga Banjarsari Kabupaten Lebak. Sukemah meninggal pada Selasa malam di Muzdalifah.

Kemudian, dua orang jamaah haji meninggal pada Kamis (17/10) dari kloter 18 atas nama Hadi Sutrisno Agus Ademin, umur 70 tahun. Jamaah haji warga Jalan Kakap Kecamatan Pinang Kota Tangerang tersebut meninggal dunia diduga karena penyakit `Kardio Vaskuler` serta Azinar binti Abdul Aziz (68) warga Pondok Aren Tangerang Selatan diduga meninggal karena penyakit saluran pencernaan.

"Satu orang meninggal di Pemondokan dan satunya di Rumah Sakit Al-Wadi. Keduanya dimakamkan di Makkah," kata Huzaemi Abidin.

Sementara empat orang jamaah haji yang meninggal dunia sebelumnya yakni A Rozali Bin Abdul Latif meninggal dunia saat pelaksanaan wukuf di Arafah.

Jamaah haji asal kloter 21 warga Kampung Babakan Tangerang tersebut, meninggal saat wukuf di Arafah pada Senin (14/10).

"Meninggalnya di Arafah sekitar pukul 13.45 Waktu Saudi Arabia, penyebabnya diduga penyakit paru-paru," kata Huzaemi Abidin.

Kemudian, Ansori Hadi (56) meninggal di pemondokan 501 di wilayah Jarwal, Ansori Hadi merupakan jemaah haji kloter 34 Kabupaten Serang beralamat di Kampung Baros RT 02/01 Taktakan Kota Serang dengan penyebab penyakit `kardio vaskuler`.

Selanjutnya Asmawati Binti Asmawi umur 51 asal Kloter 4 Kota Tangerang yang meninggal pada 19 September 2013 di Mesjid Nabawi Madinah. Almarhumah Asmawati Binti Asmawi merupakan calon haji asal Provinsi Banten warga Jalan Samba No 44 Pondok Benda, Pamulang Kota Tangerang.

Satu orang calon haji asal Provinsi Banten yang meninggal di pesawat pada Minggu (22/9) bernama Icih Bachriyah usia 63. Icih Bachriyah merupakan calon haji kloter 19 JKG Kota Serang warga Kampung Sukamanah, Kecamatan Baros Kabupaten Serang.

Huzaemi Abidin mengatakan, sedangkan untuk proses kepulangan jamaah haji ke tanah air dari Makkah Arab Saudi, untuk yang pertama kloter 4 JKG dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada 23 Oktober 2013 sekitar pukul 01.13 Waktu Arab Saudi (WAS) dan diperkirakan akan tiba di Indonesia sekitar pukul 14.48 WIB.(*)

Pewarta: Mulyana
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Empat orang haji tidak ikut di kloter terakhir

Komentar