Masyarakat yang datang ke dokter dengan keluhan kanker payudara sebagian besar sudah stadium lanjut,"
Jakarta (ANTARA News) - Dokter penyakit dalam Rumah Sakit Kanker Dharmais, Ronald A. Hukom menyatakan bahwa sebagian besar pasien penderita kanker payudara terlambat memeriksakan diri ke dokter.

"Masyarakat yang datang ke dokter dengan keluhan kanker payudara sebagian besar sudah stadium lanjut," katanya dalam acara Mom2MomTalk dengan tema dukungan bagi kanker payudara yang diselenggarakan Philips Healthcare Indonesia di FX Sudirman, Selasa.

Ia menyatakan, masyarakat seharusnya melakukan pemeriksaan payudara sendiri (breast self examination) untuk mengetahui gejala-gejala kanker payudara, namun sebagian besar merasa takut melakukannya.

"Masyarakat takut untuk memeriksa payudara sendiri, sebagian dari mereka merasa lebih baik tidak mengetahui mengidap kanker payudara," kata dokter yang juga mengajar di fakultas kedokteran Universitas Indonesia ini.

"Padahal perasaan takut seperti ini harus dihindari karena pemeriksaan dini sangat bermanfaat, sehingga ketika mengetahui ada gejala kanker lebih awal kemungkinan sembuhnya juga semakin besar," tambahnya.

Ia mengatakan bahwa memeriksa payudara sendiri dapat dilakukan pada saat berbaring, saat mandi, dan di depan cermin dengan melakukannya pada waktu yang sama setiap bulan.

"Pemeriksaan payudara sendiri sebaiknya dilakukan mulai usia 20, dilakukan setiap bulan sehingga Anda mengetahui perubahan yang terjadi pada payudara Anda," katanya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013