Orang menggunakannya, dan yang lebih penting bagi kami adalah orang mencintainya"
San Francisco (ANTARA News) - Apple meluncurkan "iPad Air", versi lebih ramping dari tablet ukuran besar yang laris manis itu, selain juga menawarkan iPad Mini demi menangkis lawan-lawannya yang menggerus dominasi pasarnya.

Produk-produk terbaru ini sepertinya akan makin menguatkan kecenderungan penaklukan PC gaya lama oleh perangkat-perangkat mobile, lapor AFP.

Sayang, peluncuran produk-produk baru Apple ini gagal menarik investor, terlihat dari tenggelamnya harga saham Apple menyusul peluncuran produk-produk barunya tersebut.

Namun sejumlah analis optimistis pada langkah raksasa IT dari AS ini dalam mengupgrade perangkat-perangkat tablet, notebook dan komputer desktopnya bersama dengan software gratis yang akan mempermanis penawarannya.

Produk-produk baru akan memperkuat posisi Apple, kata analis Gartner, Van Baker, merujuk prospek penjualan perusahaan berbasis di California itu sepanjang libur akhir tahun nanti.

"Sorotan hari ini adalah luasnya cakupan pengumuman Apple; aplikasi, tablet, MacBook, Mac Pro, software-nya...sangat beragam," kata dia seperti dikutip AFP.

iPad terbaru ini akan dijual bersama dengan versi yang telah ada mulai 1 November di lebih dari 40 pasar di seluruh dunia.  Untuk pertama kalinya, China akan menjadi salah satu negara yang mendapatkan model terakhir iPad di hari peluncuran.

iPad Air lebih tipis dibandingan dengan versi yang akan digantikannya, dengan berat hanya 450 gram dan sangat cepat, kata wakil presiden Apple Phil Schiller.

Sementara versi upgrade iPad Mini memiliki display berpindai retina di samping berprosesor lebih cepat dan presentasi grafis.

Kedua iPad baru ini dinyawai chip A7 rancangan Apple dengan arsitektur kelas desktop 64-bit, kata Apple.

Kepala eksekutif Apple Tim Cook mengaku tak terganggu oleh persaingan di pasar tablet saat ini, kendati iPad tergerus pangsa pasarnya di sektor ini beberapa masa belakangan.

"Semua orang sepertinya ingin membuat tablet," kata dia kepada audiens. "Bahkan mereka yang meragukannya pun membuatnya."

Namun, merujuk gambaran penjualannya yang mengesankan, "iPad telah digunakan oleh lebih dari yang dibuat pihak lain."

"iPad telah digunakan empat kali lebih banyak dibandingkan gabungan tablet-tablet yang dibuat pihak lain, dan inilah yang penting bagi kami. Orang menggunakannya, dan yang lebih penting bagi kami adalah orang mencintainya," kata dia seperti dikutip AFP.

iPad Air akan ditawarkan mulai harga 499 dolar AS, sedangkan versi baru iPad Mini berharga 399 dolar AS untuk konsumen di AS. Apple akan memangkas harga untuk iPad model-model yang saat ini beredar di pasar.

Apple juga mengumumkan telah mengupgrade jajaran notebook MacBook dan desktop Mac Pro, sedangkan sistem operasi baru bernama Mavericks akan tersedia dalam bentuk upgrade gratis untuk konsumen yang telah memiliki komputer Apple.

Lewat pergerakan strategis, Apple juga mengatakan bahwa iWork dan iLife --untuk pengerjaan editing video sampai musik dan membuat presentasi bisnis-- akan digratiskan untuk semua perangkat.

"Ada aplikasi-aplikasi yang luar biasa kaya, dan kita tinggal menyentuh layar untuk apa yang ingin Anda perbuat dengan aplikasi-aplikasi itu," kata Cook.

"Kami tengah menggerakkan industri ini dengan membumi karena kami ingin para pelanggan kami memiliki software terakhir kami dan mengakses fitur-fitur baru yang luar biasa."

Baker menyebut langkah ini sebagai langkah cerdas yang  bisa memacu penjualan hardware Apple selain menjawab ancaman Microsoft yang membangun kemaharajaan bisnisnya dengan menjual sistem operasi, aplikasi produktivitas dan software lainnya.

Seperti Google melakukannya dengan aplikasi online Docs, Apple akan menggratiskan software produktivitas yang oleh Microsoft dijual ke konsumen pengguna komputer bersistem operasi Windows.

"Itu adalah model bisnis Apple terbaru, membuat software dan layanan gratis, lalu membiarkan keduanya mendorong penjualan hardware," kata Baker.  "iWork suite akan agak seperti Kuda Troya, layaknya Google Docs, melawan Microsoft."

iPad baru diluncurkan pada hari yang sama Microsoft mulai menjual versi upgrade tablet Surface dan Nokia yang meluncurkan tabletnya sendiri.

Gartner menaksir bahwa pengapalan tablet secara global akan mencapai 184 juta unit tahun ini atau naik 53,4 persen dari tahun sebelumnya.

iPad masih menjadi tablet paling banyak dijual, namun pangsa pasar terus digerogoti para pesaing yang menggunakan sistem operasi Google Android.

Apple juga ditekan untuk beradaptasi dengan popularitas table premium berlayar kualitas tinggi berukuran 18 sampai 20 cm di mana Mini akan bersaing.

Jan Dawson, analis pada perusahaan Ovum, mengatakan bahwa inovasi terakhir Apple akan memicu penjualan baru dan membuat pengapalan iPad tumbuh kembali.

Apple juga menaikkan harga Mini barunya, tidak seperti para pesaingnya, yang menurut Dawson akan berarti pangsa pasar Apple akan terus jatuh di saat bersamaan pangsa pasar Android meningkat pada tahun-tahun kemudian.

Di bursa saham New York hari Selasa waktu AS, saham Apple sempat terpangkas 1,5 persen menjadi 519,87 dolar AS namun kemudian terkoreksi pada penutupan perdagangan saham.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013