Surabaya (ANTARA News) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengajak perguruan tinggi/universitas untuk mempromosikan hasil penelitian kepada masyarakat agar hasil temuan bisa lebih diketahui kalangan luas.

"Universitas kan juga memiliki peneliti yang juga menghasilkan hasil penelitian yang tentunya juga perlu diketahui masyarakat," kata Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Lukman Hakim di Surabaya, Jawa Timur, Rabu.

Hal tersebut disampaikan saat membuka seminar ilmiah, temu industri dan pameran "Annual Meeting on Testing and Quality" (AmTeQ) di Universitas Airlangga.

Menurutnya, kolaborasi itu sangat penting mengingat selama ini penelitian tidak hanya dihasilkan di LIPI saja, tapi juga dihasilkan perguruan tinggi yang ada di seluruh daerah.

"Saya tahu bahwa sejumlah universitas juga memiliki peneliti handal dan hasilnya juga bagus," ucapnya.

Langkah menggandeng perguruan tinggi tersebut, katanyan juga sebagai upaya LIPI mendekatkan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dan pemanfaatan ke masyarakat dalam arti luas.

Diharapkan dengan menggandeng universitas maka akan dapat menarik minat generasi muda untuk menekuni dunia penelitian.

LIPI, katanya, juga akan terus aktif melakukan kegiatan dan ikut pameran yang tujuannya mempromosikan hasil penelitian.

"Keseriusan tersebut terwujud pada beberapa kali LIPI mengadakan Expo di Pekanbaru, Padang dan Bengkulun," tutur Lukman.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013