Kita tidak berkemampuan untuk iklan hingga milyaran rupiah. Saya mengimbau pada pengurus anak cabang (PAC) dan ranting untuk mari meningkatkan komunikasi dengan rakyat,"
Bogor (ANTARA News) - Partai Demokrat mengimbau kepada para kadernya untuk meningkatkan komunikasi secara langsung dengan masyarakat menjelang Pemilu 2014 untuk menghindari besarnya biaya iklan politik di media massa.

"Kita tidak berkemampuan untuk iklan hingga milyaran rupiah. Saya mengimbau pada pengurus anak cabang (PAC) dan ranting untuk mari meningkatkan komunikasi dengan rakyat," kata Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat memberi sambutan pada Temu Kader dan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-12 Partai Demokrat di Sentul International Convention Center, Bogor, Jabar, Sabtu.

Menurut Yudhoyono, ada baiknya apabila tidak memiliki kemampuan finansial untuk beriklan di media, para kader sebaiknya menggiatkan aktivitas turun langsung berkomunikasi dengan rakyat.

"Kalau tidak mampu berbicara di media, sebaiknya berkomunikasi langsung dengan rakyat," ujarnya.

Hal tersebut juga didukung oleh Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Macan Dede Yusuf Macan Effendi, yang mengatakan di tengah berbagai permasalahan yang melanda partainya, termasuk korupsi, kader diharapkan berperan aktif membentengi partai.

"Sudah kewajiban kader untuk menjaga dan melindungi. Saya pikir ini harus diterjemahkan oleh para kader dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang lebih mendekatkan diri kepada masyarakat dan kembali kepada pemilih atau rakyat," katanya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Yudhoyono juga memperkenalkan yel-yel perjuangan untuk menghadapi Pemilu 2014.

"Berbenah, maju, tingkatkan kesejahteraan rakyat!" seru Yudhoyono di hadapan sekitar 10.000 kader Partai Demokrat yang hadir.

Menurut Yudhoyono, memenangi Pemilu 2014 hanya sasaran antara untuk memenuhi tujuan utama partai yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Berjuang u pemilu 2014 hanya sasaran antara, sasaran utamanya meningkatkan kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Temu kader dan peringatan HUT ke-12 Partai Demokrat diklaim menghadirkan 10.000 orang kader dari seluruh Indonesia.

Ketua Harian DPP Partai Demokrat Syariefuddin Hasan menyebut acara itu sebagai gelaran terbesar partai dalam lima tahun terakhir.

"Dalam lima tahun terakhir ini adalah pertemuan terbesar antar para kader Partai Demokrat," kata Syarief saat menyampaikan sambutannya.

Acara tersebut diklaim menghadirkan sekitar 10.000 kader yang terdiri atas ketua dan sekretariat Partai Demokrat dari tingkatan DPP, Dewan Pimpinan Daerah tingkat provinsi, Dewan Pimpinan Cabang tingkat kabupaten-kota hingga Pengurus Anak Cabang tingkat kecamatan.

Selain itu hadir pula dalam acara tersebut para peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat.

Hingga acara dimulai hampir seluruh peserta konvensi bergabung di ruangan acara dan duduk di barisan terdepan.

Peserta konvensi yang sudah terlihat hadir adalah Anies Baswedan, Dahlan Iskan, Endriartono Sutarto, Gita Wirjawan, Hayono Isman, Irman Gusman, Marzukie Alie, Pramono Edhie Wibowo dan Sinyo Harry Sarundajang.

Sementara itu dua peserta lain Ali Masykur Musa dan Dino Patti Djalal belum terlihat.
(G006/H-KWR)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013