Laju kerusakan hutan terus berkurang

Laju kerusakan hutan terus berkurang

Menristek Gusti Muhammad Hatta (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Banjarmasin (ANTARA News) - Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta mengatakan laju kerusakan hutan di Indonesia terus berkurang seiring dengan semakin tegasnya penegakan hukum terhadap  penebangan liar.

Menurut Hatta yang juga Mantan Menteri Lingkungan Hidup di Banjarmasin, Minggu, sebelumnya laju kerusakan hutan di Indonesia mencapai 1,2 juta hektare per tahun.

"Laju kerusakan tersebut dinilai sangat tinggi dan tidak berimbang dengan kegiatan reboisasi yang dilakukan pemerintah," katanya.

Kini tambah Menteri asal Kalimantan Selatan tersebut, laju kerusakan hutan tersebut telah mampu dikendalikan menjadi 5 ribu hekter per tahun, dan diharapkan jumlah tersebut akan terus menurun.

Pemerintah, tambah dia, juga terus mendorong masyarakat serta instansi terkait untuk mensukseskan penanaman pohon satu miliar per tahun, dan target tersebut telah terlaksana bahka telah melebihi dari yang direncanakan.

Kedatangan Menristek ke Kalimantan Selatan dalam rangka membuka seminar nasional Agroforestri IV nasional yang diikuti oleh ratusan peneliti dari seluruh Indonesia di Kota Banjarbarau, yang dimulai pada Sabtu (26/10).


Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar