Penerima tamunya robot Prabu Brawijaya

Penerima tamunya robot Prabu Brawijaya

Ilustrasi (REUTERS/Arnd Wiegmann)

Malang (ANTARA News) - Robot Prabu Brawijaya hasil karya mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Malang, akan menjadi ikon penerima tamu dalam setiap acara yang helat kampus ini.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Prof Dr Mohammad Bisri di Malang, memaparkan robot bertangan empat tersebut terinspirasi lambang UB dan sudah diperkenalkan pada acara HUT emas Fakultas Teknik sebagai penerima tamu.

"Robot ini dibuat dalam waktu yang sangat singkat oleh tim dari laboratorium robotika Teknik Elektro, hanya satu bulan. Namun, robot ini sudah bisa menari dan mengayunkan bendera," katanya.

Robot Prabu Brawijaya juga bisa bergerak ke segala arah dan mampu mendeteksi gerakan orang di hadapannya karena dilengkapi dengan sensor gerak.

Kelebihan lain yang dimiliki robot ini, kata Bisri, adalah mampu mengeluarkan suara melalui speaker audio yang terpasang pada bagian badannya.

Ia menjelaskan robot tersebut terdiri dari 20 buah motor DC servo yang terpasang di setiap sendi pada keempat tangannya yang berfungsi menggerakkan seiap sendinya.

Robot ini berjalan menggunakan empat roda mekanum yang dapat bergerak ke segala arah, sehingga pergerakannya lebih leluasa, dan digerakkan oleh sumber daya baterai Lippo 23 volt yang memiliki 6 sel. Robot itu juga menggunakan baterai lippo 12 volt dengan tiga sel.

Dimensinya, lanjut Bisri, memiliki panjang 50 sm, lebar 60 cm, tinggi 1,5 meter dengan bahan-bahan digunakan adalah alumunium dan mika akrilik  berbobot ringan.

"Kami akan sempurnakan robot Prabu Brawijaya ini, sebab ke depan robot ini diproyeksikan sebagai penerima tamu di setiap acara yang digelar di UB," ujarnya.

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar