Seoul (ANTARA News) - Samsung Electronics telah mengapalkan 88,4 juta ponsel pintar pada triwulan ketiga tahun ini yang berarti telah menguasai lebih dari 35 persen pangsa pasar ini, sedangkan rivalnya Apple menurun, demikian hasil riset seperti dikutip AFP.

Pengapalan ponsel pintar buatan Samsung pada priode Juli - September naik 55 persen dibandingkan priode sama tahun lalu, kata perusahaan riset independen Strategy Analytics.

Pangsa pasar industri ini yang dikuasai perusahaan IT dari Korea Selatan tersebut melar menjadi 35,2 persen dari 32,9 persen pada kuartal ketiga tahun 2012.

Sedangkan pengapalan ponsel pintar buatan Apple melonjak 26 persen menjadi 33,8 juta unit.  Namun gagal mengimbangi pertumbuhan total perusahaan yang tumbuh 45 persen.

Bukan hanya itu, pangsa pasar perusahaan yang berbasis di California itu terpangkas dari 15,6 persen menjadi 13,4 persen.

Strategy Analytics memperkirakan Apple akan kembali merangsek naik pada triwulan keempat begitu ada permintaan tinggi atas produk barunya, iPhone 5s.

Apple mencatat penurunan lama triwulan tiga kali berturut-turut, sebaliknya Samsung mencatat kenaikan laba bersih 26 persen pada triwulan ketiga berkat membanjirnya permintaan smartphone dan chip memori buatannya.

Pertumbuhan pengapalan ponsel pintar terbesar  selama triwulan ketiga dicapai oleh perusahan  China, Huawei Technologies Co., yang telah mengapalkan 12,7 juta unit atau naik 67 persen dari tahun lalu.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013