Kami berkeyakinan dengan Garuda Indonesia terbang menjelajah ke wilayah Manggarai Barat, wisatawan nusantara dan asing akan semakin meningkat, sebab panorama yang eksotik sangat digemari wisatawan asing."
Denpasar (ANTARA News) - PT Garuda Indonesia akan melayani penerbangan ke Provinsi Nusa Tenggara Timur, di antaranya Bandara Komodo, Labuan Bajo, Ende, dan Tambolaka.

"Pada awal Desember 2013 kami akan melakukan penerbangan perdana dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, ke Bandara Komodo, Labuan Bajo dan Ende pergi pulang setiap hari," kata Vice Presiden Domestic Regional-3 Jawa, Bali & Nusa Tenggara PT Garuda Indonesia Ari Suryanta di Labuan Bajo NTT, Rabu.

Ia mengatakan potensi masyarakat lokal dan wisatawan yang melakukan perjalanan dari Bali ke NTT pergi pulang cukup tinggi, terlebih di Kabupaten Manggarai Barat yang memiliki sejumlah objek wisata eksotik, seperti kawasan Taman Nasional Komodo, objek wisata Batu Cermin dan lainnya.

"Seiring potensi penerbangan yang semakin meningkat tersebut, maka kami akan memberikan pelayanan lebih berkualitas dibanding dengan maskapai lainnya yang selama ini sudah melayani rute tersebut," kata Ari Suryanta yang didampingi General Manager PT Garuda Indonesia Cabang Bali Taufik Hidayat.

Menurut dia, dengan pesawat Garuda Indonesia ATR-70/600 yang melayani rute perdana mulai 3 Desember 2013 diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan asing, khususnya ke Kabupaten Manggarai Barat.

"Kami berkeyakinan dengan Garuda Indonesia terbang menjelajah ke wilayah Manggarai Barat, wisatawan nusantara dan asing akan semakin meningkat, sebab panorama yang eksotik sangat digemari wisatawan asing," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Manggarai Barat Maximus Gasa M.Si menyambut gembira kehadiran penerbangan Garuda Indonesia sehingga masyarakat maupun wisatawan yang akan berkunjung ke Manggarai Barat memiliki pilihan tersendiri dalam melakukan perjalanan yang lebih nyaman.

"Kami menyambut gembira kehadiran penerbangan Garuda dan kami siap melakukan sinergisitas dalam melayani rute tersebut. Tentu kehadiran penerbangan ini akan memberi dampak positif untuk kemajuan daerah kami," katanya.

Ia mengatakan selama ini memang sudah ada penerbangan yang melayani dari Laboan Bajo ke Bali dan sekitarnya. Namun, belum sepenuhnya memberi pelayanan yang memuaskan penumpang.

"Misalnya dalam pelayanannya, terkadang tidak memberi informasi kepastian penerbangan, mengakibatkan warga cemas ketika mereka sudah tiba di Bandara Komodo," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, ia yakin penerbangan "plat merah" akan memberi kenyamanan lebih sehingga masyarakat yang bepergian tidak lagi khawatir telat waktu sampai di kota tujuan.

"Kami yakin Garuda akan memberi pelayanan yang memuaskan, dan kami sangat mendukung langkah pihak perusahaan penerbangan ini untuk mengembangkan penerbangan ke daerah-daerah di wilayah Tanah Air yang selama ini belum terjangkau penerbangan Garuda," kata Maximus. (I020/F002)

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013