Jakarta (ANTARA News) - Para orangtua yang ingin memantau keberadaan anaknya yang berkeliaran untuk trick-or-treat saat Halloween dapat mengunduh aplikasi baru yang melacak lokasi si anak sekaligus mengirim pemberitahuan bila mereka keluar dari area aman yang sudah ditentukan. Dengan aplikasi Track n Treat yang dapat diunduh cuma-cuma untuk iPhone, lokasi anak-anak dikirimkan lewat tautan berbatas waktu lewat nomor telepon atau surat elektronik.

Tautan ini memungkinkan orangtua mengetahui keberadaan anaknya lewat browser web hingga empat jam berikutnya.

"Anak-anak keluar rumah dan orangtua ingin tahu lokasi mereka, jadi Halloween adalah ajang yang tepat untuk memanfaatkan teknologi berbagi lokasi secara temporer," kata Bryan Trussel CEO Glympse yang membuat teknologi berbagi lokasi antarindividu.

Aplikasi gratis lainnya, Family GPS Tracker untuk iPhone dan Android, tidak hanya membuat orangtua mengetahui keberadaan anaknya saat itu, tetapi juga mengirimkan pemberitahuan saat anak berada di luar area yang ditentukan.

"Dengan aplikasi ini Anda dapat mengetahui keberadaan anak dan menghubungi mereka segera bila anak-anak berkeliaran di luar area aman," kata Michal Štencl, CEO Sygic yang berbasis di Slowakia.

Life360, aplikasi gratis lain untuk iPhone dan Android memungkinkan anggota keluarga memantau lokasi satu sama lain lewat peta dan berinteraksi dengan layanan pesan grup.

"Anak berusia 12 tahun bisa jadi dianggap terlalu muda untuk berjalan sendirian dengan bebas, tapi aplikasi ini dapat memberikan kebebasan lebih bagi mereka," kata Chris Hulls CEO Life360 yang berbasis di San Fransisco.

Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna mengatur zona dan notifikasi, misalnya saat anak pulang sekolah dan saat pasangan berangkat kerja atau sampai di rumah.

"Kami mencoba membuat grafik keluarga," ujar Hulls seperti dikutip Reuters. "Anda punya Facebook untuk teman-teman dan LinkedIn untuk kolega kerja, tapi apa yang sepadan untuk kehidupan keluarga?"



Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013