counter

Presiden tinjau proyek Jembatan Kelok 9

Presiden tinjau proyek Jembatan Kelok 9

Ilustrasi. Sejumlah mobil mellintas disamping jalan baru kelok-9 (jalan lama) di Kawasan Payakumbuh, Kab. Lima Puluh Kota, Sumbar, Jumat (25/5). (FOTO ANTARA/Maril Gafur)

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono Rabu siang meninjau proyek Jembatan Kelok 9 di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat yang selesai pembangunannya dan siap digunakan.

Presiden di lokasi mendapat penjelasan dari Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengenai proyek tersebut yang rencananya akan diresmikan bersama-sama proyek lainnya pada acara peringatan hari pangan sedunia di Padang, Kamis (31/10) esok.

Di Kelok 9, dibangun enam jembatan dengan total panjang jembatan mencapai 943 meter dan panjang jalan mencapai 2,089 km.

Jembatan tersebut dibangun dalam dua tahap masing-masing tahun 2003 hingga 2011 dan kemudian 2012 hingga 2013 dengan biaya Rp602.554.669.900 dari dana APBN. Selain meninjau jembatan, Presiden juga meninjau Balai pembibitan ternak unggul sapi potong Padang Mengatas Kabupaten Lima Puluh Kota.

Di pembibitan yang ada di tanah seluas 280 hektar tersebut terdapat 600 sapi dari kapasitas maksimal 2.000 sapi.

Presiden berharap pembibitan dan peternakan sapi itu dapat terus dikembangkan sehingga bisa menunjang ketahanan pangan nasional dalam jangka panjang.

Sebelum menuju Padang, Presiden meninjau Istana Pagaruyung di Batu Sangkar, Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.

Istana yang pernah dibakar oleh Belanda pada 1804 itu, kemudian dibangun kembali pada 1976. Sempat mengalami kebakaran akibat sambaran petir pada 2007, kemudian dipugar dan dibangun kembali hingga saat ini dapat kembali ke bentuk semula.

Presiden mengatakan bahwa Istano Basa Pagaruyung bisa menjadi ikon masa kini dan masa depan Sumatera Barat.

Pewarta: Panca Hari Parbowo dan Muhammad Arief Iskandar
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Presiden Jokowi terima kunjungan pimpinan negara sahabat usai pelantikan

Komentar