Semarang (ANTARA News) - Ketua DPR RI Marzuki Alie mengusulkan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) membersihkan kembali data pemilih.

"KPU hendaknya mengajak semua pihak terkait yakni Kemendagri, Bawaslu, dan partai-partai politik peserta pemilu untuk duduk bersama guna mencari solusi terbaik soal daftar pemilih bermasalah," kata Marzuki Alie kepada pers di sela kegiatan "Pers Gathering Koordinatoriat Wartawan Parlemen" di Semarang, Sabtu.

Marzuki mengatakan hal itu menanggapi masih cukup tingginya daftar pemilih bermasalah yakni sebanyak 10,4 juta pemilih, padahal sudah akan ditetapkan oleh KPU pada Senin (4/11).

Karena waktunya sudah sangat singkat, ia mengusulkan agar KPU mengambil langkah taktis dengan mengajak seluruh pihak terkait Kemendagri, Bawaslu, dan partai-partai politik peserta pemilu untuk duduk bersama guna mencari solusi terbaik mengatasi daftar pemilih bermasalah.

Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat ini menilai, jika masih banyak data pemilih bermasalah jangan dipaksakan untuk ditetapkan pada Senin (4/11), karena dikhawatirkan akan menjadi masalah setelah pemilu usai.

"Jika data pemilih bermasalah masih tinggi, dikhawatirkan akan dimanfaatkan oleh partai-partai politik untuk memprotes hasil pemilu," katanya,

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013