Saya sangat puas dengan kemajuan yang ditunjukkan anak-anak, mereka kembali menemukan kelebihan tim, yaitu bermain cepat dan membangun serangan yang variatif,"
Bandarlampung (ANTARA News) - Pelatih Timnas U-23 Rahmad Darmawan (RD) mengaku puas dengan kemajuan tim asuhannya dalam pertandingan uji coba melawan Lampung Selection di Stadion Pahoman Bandarlampung, Sabtu sore.

"Saya sangat puas dengan kemajuan yang ditunjukkan anak-anak, mereka kembali menemukan kelebihan tim, yaitu bermain cepat dan membangun serangan yang variatif," kata dia, di Bandarlampung, Sabtu.

Pelatih asal Lampung Timur itu mengatakan, anak asuhnya sudah kembali memiliki kecepatan dalam menyerang, yang sempat tidak terlihat saat melawan Timor Leste beberapa waktu lalu.

Menurut dia, hal itu terjadi karena anak asuhnya masih dalam fase transisi setelah digenjot dengan latihan fisik terpogram saat awal masa persiapan tim.

"Saya senang, anak-anak bisa mengontrol pertandingan, mereka memiliki serangan yang variatif dan tidak monoton, banyak peluang yang mereka ciptakan pada pertandingan tadi," kata dia.

Sementara untuk evaluasi tim, Rahmad melihat kelemahan mencolok masih terlihat di lini belakang, sehingga timnya kebobolan oleh Lampung Selection setelah terjadi kemelut di mulut gawang.

"Belum ada man marking di lini belakang, pemain masih terlihat bingung, seandainya sudah ada tentunya gol tadi tidak perlu terjadi," kata dia.

Ada empat dari 26 pemain Timnas U-23 yang tidak diturunkan RD dalam pertandingan yang disaksikan sekitar seribu penonton tersebut. RD beralasan, mereka masih dalam pemulihan cedera, sementara lapangan cukup keras dan apabila dipaksa turun akan memperburuk kondisi pemain.

Saat babak pertama pertandingan tersebut, RD menerapkan pola 4-3-3 dengan Sunarto, Okto Maniani, dan Yandi Sofian di lini depan.

Sementara di lini tengah, RD memasang Syakir Sulaiman, Dendy Santoso,dan Kapten tim Egy Melgiansyah. Sedangkan di lini belakang RD memasang Fandri Embiri, Syahrizal, Syaifudin, dan Roni B.

Kiper Kurnia Mega tidak diturunkan dalam pertandingan persahabatan tiga kali tiga puluh menit tersebut, dan RD memasang Sahar Ginanjar sepanjang pertandingan.

Mengenai kekuatan Lampung Selection, RD tidak berkomentar banyak, dan mengatakan tim asuhan Dino Sefrianto itu bermain bagus karena bermain ngotot sejak menit-menit awal hingga peluit panjang ditiup. (A054/D011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013