BKN janjikan tidak ada diskriminasi penyandang disabilitas

BKN janjikan tidak ada diskriminasi penyandang disabilitas

Ilustrasi - Tes Penerimaan CPNS. (FOTO ANTARA/Puspa Perwitasari)

Yang menentukan, hanya apakah syarat jabatan itu bisa dipenuhi atau tidak
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno menjamin tidak akan ada diskriminasi bagi penyandang disabilitas dalam seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013.

"Jadi, setiap warga negara berhak menjadi PNS, yang penting syarat jabatannya sesuai," kata Eko saat meninjau pelaksanaan tes CPNS di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu siang.

Eko, yang juga Ketua Pelaksana Panitia Seleksi Nasional CPNS 2013 mengatakan dalam seleksi ini, terdapat hal-hal yang paling menentukan seperti kesesuaian dengan syarat-syarat dalam jabatan yang dituju.

"Yang menentukan, hanya apakah syarat jabatan itu bisa dipenuhi atau tidak," ujarnya.

Berdasarkan laporan sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyiapkan 327 formasi untuk penyandang disabilitas, dengan rincian 32 tempat di pemerintah pusat dan 263 di pemerintah daerah.

Menurut Eko, jika jumlah penyandang disabilitas yang mengikuti tes tertulis CPNS hari ini jumlahnya sedikit, hal itu karena kualifikasi di tahap seleksi adminstrasi.

Hal itu seperti di ujian CPNS Kementerian Kesehatan yang hanya meloloskan satu orang penyandang disabilitas untuk mengikuti tes tertulis.

Menurut Sekretaris Jenderal Kemenkes Supriyantoro, jumlah satu orang tersebut murni karena persyaratan administrasi tanpa kualifikasi lain.

"Itu hanya syarat administrasi, tanpa melihat fisik," ujarnya.

Pemerintah, melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengadakan tes tertulis CPNS menggunakan Lembar Jawaban Komputer pada Minggu ini yang dilakukan serentak secara nasional dan diikuti 1.612.854 peserta.

Pewarta: Indra A. Pribadi
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2013

1.400 peserta ikut Tes CPNS dan PPPK di Ambon

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar