Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan Komisi I DPR RI akan menggelar rapat guna membahas rencana pemanggilan Duta Besar Amerika Serikta dan Australia.

Hal itu disebabkan adanya dugaan penyadapan yang dilakukan oleh kedua negara tersebut terhadap Indonesia.

"Kita akan panggil Menteri Luar Negeri usai reses. Bukan hanya itu, kita akan bahas rencana pemanggilan Dubes AS dan Dubes Australia ke Komisi I DPR RI untuk meminta penjelasan," kata Agus di Jakarta, Rabu.

Dikatakan oleh politisi Golkar itu, bila tak ada penjelasan dari kedua dubes itu, maka sebaiknya pemerintah meninjau ulang seluruh kerjasama antara Indonesia dan kedua negara tersebut.

"Kita juga dukung apabila pemerintah berencana meninjau ulang seluruh kerjasama dengan pihak AS dan Australia sampai mereka bisa memberi penjelasan yang bisa diterima," kata Agus.

Dia juga mengemukakan penyadapan yang dilakukan AS dan Australia tak ada kaitan dengan kinerja Badan Inteligen Negara (BIN) dan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).

"Nggak ada urusan sama BIN dan Lemsaneg. Karena penyadapan memang susah untuk dicegah, on spot. Kita tidak mempunyai teknologi yang mampu melakukan itu atau mengantisipasinya," pungkas Agus.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013