Jakarta (ANTARA News) - Masih belum diketahui mengapa sejumlah wanita mengalami endometriosis, yakni  pertumbuhan jaringan rahim di luar rahim yang dapat menyebabkan rasa sakit dan kemandulan. Namun demikian para peneliti memperkirakan bahwa keracunan pestisida merupakan salah satu faktor penyebabnya.

Para peneliti mempelajari 248 wanita dengan pembedahan endometrisosis dengan kontrol 538 wanita sehat.  Mereka mengukur kadar darah dari dua pestisida, yakni  Mirex dan beta HCH, yang menetap dalam tubuh beberapa ikan dan produk susu, meskipun penggunaannya di Amerika Serikat telah dilarang selama beberapa dekade. Studi ini muncul secara online dalam Environmental Health Perspectives, dilansir dari Newyorktimes.


Para peneliti menemukan bahwa wanita dengan paparan Mirex  tertinggi memiliki 50 persen peningkatan risiko endometriosis, dan mereka yang terkena paparan tingkat tinggi beta HCH mengalami peningkatan risiko 30 sampai 70 persen.

Asosiasi bersikeras meskipun setelah penyesuaian usia, lipid serum, pendidikan, ras dan etnis, merokok, konsumsi alkohol dan faktor lainnya.

Penulis utama Kristen Upson, predoctoral di Fred Hutchinson Cancer Research Center mengatakan bahwa  alasan asosiasi tidak jelas. Tapi  ia mengatakan  bahan kimia telah terbukti mengganggu aksi estrogen normal pada hewan dan jaringan, yang mungkin dapat menjelaskan penyakit pada manusia .

Ia menambahkan, bahan kimia yang digunakan terus menerus bahkan yang digunakan di masa lalu, dapat mempengaruhi kesehatan generasi saat ini pada wanita usia reproduksi."(*)




Pewarta: Yakob Arfin Tyas Sasongko
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013